Sri Mulyani ke Suahasil: Bekerja dengan Emotional Intelligence

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 25 Okt 2019 18:10 WIB
Foto: Sylke Febrina Laucereno
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini telah menunjuk dan melantik Suahasil Nazara sebagai Wakil Menteri Keuangan membantu Sri Mulyani Indrawati.

Usai pelantikan di istana, Suahasil langsung menjalani serah terima memori jabatan di Kementerian Keuangan. Sri Mulyani Indrawati dalam sambutannya menyampaikan jika ke depan tantangan ekonomi semakin sulit.

"Ke depan tantangan ekonomi tidak mudah, setiap zaman ada pimpinannya, ini ekonomi global dan arah kebijakan fiskal. Yang mengutamakan instrumen fiskal, penerimaan negara, pembiayaan, kekayaan dan inovasi dan keluar dari rutinitas," kata Sri Mulyani di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Dia menjelaskan, Presiden memberi pesan jika Kementerian Keuangan harus mampu membelanjakan dan mengelola kekayaan negara. Sehingga meskipun saat ini Menteri Keuangan dan wakilnya merupakan orang lama, Sri Mulyani menyebut tidak akan ada kontinuitas yang monoton.


"Anda salah, karena saya punya banyak pemikiran untuk reformasi dan eksperimen yang besar. Jadi saya akan terus menerus meminta Kemenkeu agar makin lincah karena tantangan tidak mudah. Saya harapkan ke bapak Suahasil, bisa bekerja dengan emotional intelligence dan empathy," jelas dia.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia ini juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Wakil Menteri Keuangan kabinet kerja yakni Mardiasmo karena loyalitas dan kerja kerasnya untuk negara.

"You are still part of us, our family. Meskipun sudah tidak menjabat, terus merasa di sia-sia. Tidak, kita tetap keluarga untuk negeri ini, menjaga keuangan negara. Terima kasih setulus-tulusnya dan sebesar-besarnya," imbuh dia.

Menurut Sri Mulyani, Mardiasmo merupakan pejabat yang perjalanan kariernya sangat baik. Dia adalah sosok yang teliti dan tekun menjalankan tugasnya.



Simak Video "Siap-siap! Perusahaan Digital Asing Bakal Dipungut PPh"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/fdl)