Kabinet Ekonomi Jokowi Sudah Ideal? Ini Kata Pengusaha

Vadhia Lidyana, Anisa Indraini - detikFinance
Sabtu, 26 Okt 2019 12:27 WIB
Foto: Kabinet Indonesia Maju (BPMI Setpres)
Jakarta - Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2019-2024 Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin telah selesai mengumumkan nama-nama pengisi Kabinet Indonesia Maju.

Menyambut keputusan tersebut, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Haryadi Sukamdani berharap Kabinet Indonesia Maju, khususnya di sektor ekonomi, harus bisa menjalin komunikasi dengan para pengusaha.

"Sekarang kita beri kesempatan ke mereka itu untuk melakukan programnya. Kita lihat yang penting bagaimana nanti aksinya dan bagaimana mereka ini bisa berkomunikasi dengan stakeholder," kata Haryadi saat dihubungi, Sabtu (26/10/2019).

Haryadi menilai sudah ideal atau tidaknya kabinet ekonomi tersebut masih harus dilihat. Yang penting, pihaknya akan terus memantau kinerja para menteri ekonomi. Jika ada kekurangan, pihaknya tak segan untuk memberikan masukan demi kebaikan bersama. "Kan udah dipilih, yaudah kita melihat nanti kalo ada kekurangan apa pasti kita akan memberi masukan," imbuhnya.


Menurut Haryadi, saat ini yang terpenting adalah menteri-menteri ekonomi ini harus menjaga kepercayaan para stakeholder agar jangan sampai berkurang. Jika itu terjadi, maka ke depan semua akan tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya.

"Kalo sampe ada masalah komunikasi dengan stakeholdernya ya pokoknya ke depannya nggak mulus. Artinya kepercayaan stakeholder tuh juga bisa berkurang," ujar dia.

Dihubungi terpisah, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani menilai formasi pilihan Jokowi sudah tepat. "Kami mengapresiasi capaian pemerintahan selama ini dan menyambut baik dengan susunan kabinet yang telah dipilih Presiden," kata Rosan.

Ia menuturkan, pihaknya akan memperkuat kerja sama dengan Kabinet Indonesia Maju. Harapannya, kata Rosan, kabinet ini bisa membawa angin segar bagi dunia usaha.

"Kami segenap jajaran Kadin Indonesia mengucapkan selamat kepada kabinet yang baru, semoga kabinet ini bisa membawa angin segar bagi dunia usaha dan perekonomian nasional," imbuh Rosan.




Kabinet Ekonomi Jokowi Sudah Ideal? Ini Kata Pengusaha


Simak Video "Pengamat Nilai Kabinet Jokowi Diisi Kandidat Capres 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)