Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 28 Okt 2019 15:28 WIB

Jokowi Punya 12 Wamen, Pengamat: Tambah Daya Dobrak

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju (Antara Foto) Foto: Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju (Antara Foto)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menempatkan 12 wakil menteri (wamen) pada Kabinet Indonesia Maju. Beberapa berada di pos-pos kementerian ekonomi. Diharapkan posisi wamen ini bisa membantu Jokowi menggenjot pertumbuhan ekonomi dengan gebrakannya.

Hal itu senada dengan keinginan Jokowi di periode kedua terhadap sektor ekonomi hingga investasi. Menurut ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Eko Listiyanto keinginan Jokowi bisa dicapai dengan adanya wamen.

"Ujung-ujungnya adalah untuk genjot pertumbuhan dan perekonomian secara keseluruhan. Untuk itu saya rasa memang perlu wamen, terutama kalau kita bicara di aspek ekonomi begitu," kata dia saat dihubungi detikcom, Jakarta, Senin (28/10/2019).



Ada beberapa nama yang ditunjuk menjadi wakil menteri di bidang ekonomi, yaitu Wamenkeu Suahasil Nazara, Wamen PUPR John Wempi Wetipo, Wamendag Jerry Sambuaga, Wamen Agraria dan Tata Ruang Surya Tjandra, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo serta Wamen BUMN Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wirjoatmojo.

"Saya rasa overall itu untuk menambah daya dobrak kementerian-kementerian yang ditempati wamen, ini karena mungkin periode lalu dilihat kurang banyak gebrakannya," sebutnya.

"Karena yang diharapkan kan memang daya dorongnya lebih banyak karena wamen tugasnya adalah membantu menteri," lanjut dia.

Tapi tentu saja menteri dan wamennya harus bisa bekerja sama dengan baik. Bila tidak maka pertumbuhan ekonomi yang ingin digenjot akan tetap sulit untuk dicapai.

"Butuh adaptasi dulu kayaknya sehingga masih gambling apakah ini diharapkan bisa untuk genjot ekonomi," tambahnya.



Simak Video " Lesehan Lagi, Jokowi Umumkan Jajaran Wakil Menteri"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com