Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 29 Okt 2019 21:30 WIB

Ditanya Kapan Rakor dengan Menteri, Ini Jawaban Mengejutkan Airlangga

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Airlangga Hartarto (Antara Foto) Foto: Airlangga Hartarto (Antara Foto)
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sampai saat ini belum melaksanakan rapat koordinasi (rakor) yang melibatkan kementerian/lembaga di bawah koordinasi instansinya.

Setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 23 Oktober 2019, Airlangga hanya menggelar rapat-rapat internal dengan pejabat eselon di Kemenko Perekonomian. Namun, Airlangga juga menerima beberapa politisi ke kantornya.

Seperti sekarang, Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) mengunjungi Airlangga Hartarto ke kantornya langsung di kawasan Lapangan Banteng. Pengakuan salah satu anggota AMPI, Dyah Roro Esti mengaku kehadiran dirinya dalam rangka silaturahmi dan mengundang Airlangga Hartarto untuk menghadiri Rapimnas AMPI pada November tahun ini.

"Kita dari AMPI yang merupakan asosiasi pemuda dari Golkar, ingin bersilahturahmi dengan Pak Airlangga sebagai Ketua Umum Partai Golkar, sekaligus mengundang beliau untuk rapimnas AMPI, yang akan diadakan pada 8-10 Nov 2019 ini. Jadi hanya itu saja sih," kata Roro di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (29/10/2019).



Roro pun mengungkapkan bahwa pertemuannya dengan Airlangga Hartarto tidak sama sekali membahas mengenai perekonomian. Turut hadir juga Jerry Sambuaga yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) bersama beberapa tokoh muda Partai Golkar lainnya.

"Iya, nggak membahas ekonomi. Hanya ngasih undangan," jelas dia.

Rombongan AMPI datang sekkitar pukul 17.30 WIB dan keluar sekitar pukul 18.45 WIB. Tidak lama rombongan keluar gedung.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pun turun. Dia bilang sejauh ini baru melaksanakan rapat-rapat internal, sedangkan dengan rombongan Dyah Roro Esti merupakan agenda lain.

"Ini agenda lain. Agenda anggota dewan yang terhormat," kata Airlangga.

Ketika dikonfirmasi mengenai kapan mulai melaksanakan rakor bersama kementerian/lembaga, Airlangga justru menyodorkan agenda Partai Golkar. Setelah itu, dirinya pun langsung meninggalkan kantor Kemenko Perekonomian.

"Agenda Partai Golkar mau?," ujarnya.

Kemenko Perekonomian diketahui memiliki sejumlah pekerjaan rumah yang besar. Antara lain adalah evaluasi paket kebijakan ekonomi, mengurangi defisit transaksi berjalan (CAD), termasuk menyelesaikan omnibus law demi meningkatkan investasi.



Simak Video "Ridwan Hisjam Ngotot Jadi Caketum Golkar, Airlangga Santai"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com