Orang Indonesia Baru Siapkan Tabungan Pensiun di Usia 41 Tahun

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 30 Okt 2019 12:48 WIB
Foto: tim infografis
Jakarta - Keuangan pribadi merupakan salah satu hal penting yang harus disiapkan saat ini dan untuk masa depan.

Berdasarkan GoBear Financial Health Index (FHI) orang Indonesia saat ini sudah cukup merasa aman secara keuangan dengan nilai 7,5. Namun tak ada keamanan keuangan untuk jangka panjang di masa depan.

Country Director GoBear Indonesia, Tris Rasika mengungkapkan hal ini karena kebanyakan orang Indonesia baru mulai memikirkan uang pensiun pada usia 41 tahun.

"Biasanya ya baru ambil langkah nyata mulai nabung pensiun di usia 40an, di usia 35 belum sama sekali ambil tindakan. Orang Indonesia sepertinya selalu merasa muda terus," kata Tris dalam acara peluncuran GoBear FHI di Jakarta, Rabu (30/10/2019).


Perencana Keuangan dari Tata Dana Consulting, Tejasari mengungkapkan padahal dengan dana pensiun maka hari tua akan lebih terjamin dan tak akan ada kesulitan keuangan.

Menurut dia, seharusnya uang pensiun bisa disiapkan sedini mungkin. Hal ini agar tabungan tidak terlalu besar dan membuat lebih ringan.

"Harusnya saat mulai kerja ya sudah memikirkan untuk dana pensiun, ya di usia 25 tahun itu bisa lah karena belum terlalu berat masih di kisaran Rp 300.000 - Rp 500.000 per bulan. Beda kalau mulai di umur 40-45 tahun itu pasti gede banget uang yang disetor karena sudah mepet," imbuh dia.


Menurut Tejasari, generasi milenial saat ini memang masih memikirkan kesenangan mulai dari jalan-jalan hingga belanja. Pola pikir tersebut harus diubah karena masa tua pasti akan datang dan membutuhkan dana untuk menikmati hari tua.

Simak Video "Jamal 'Preman Pensiun' Ditangkap Lagi Karena Narkoba"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)