Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 30 Okt 2019 14:43 WIB

Daripada Buat Beli Lem, Rp 82 Miliar Mending Dipakai untuk Apa Ya?

Tim detikcom - detikFinance
1 Lebih Baik Dipakai untuk Ini
Halaman 2 dari 2
Foto: iStock

Seperti dikutip dari riset tim CNBC Indonesia, Rabu (30/10/2019), kalau ditimbun, jumlah lem Aibon tersebut dapat mengisi dua rumah tipe 72 berlantai 2. Kalau dibelikan iPhone seri terbaru dengan kapasitas simpanan 512 GB bisa beli 4.059 unit. Kalau dibelikan rumah tipe 72 dua lantai maka bisa buat beli 59 unit rumah.

Dengan asumsi anggaran pendidikan APBD DKI 2020 mencapai 31%, maka angka Rp 82,8 M tergolong kecil yaitu cuma 0,33%. Namun kalau cuma dibelikan lem Aibon sebanyak itu kok rasanya mubazir ya.

Jadi daripada dibelikan lem Aibon, lebih baik dialokasikan untuk belanja produktif yang lain seperti renovasi atau peremajaan gedung-gedung sekolah, meningkatkan angka partisipasi pendidikan untuk level SMP dan SMA/SMK melalui pemberian beasiswa.

Sepanjang 2019 , pemerintah provinsi DKI menganggarkan Rp 2 triliun untuk renovasi 149 sekolah. Kalau saja pos anggaran untuk beli lem Aibon tersebut dialokasikan untuk renovasi dan rehabilitasi gedung sekolah yang rusak lumayan bisa menambah 6-10 sekolah lagi.

Anggaran tersebut juga sebenarnya bisa digunakan untuk memberikan program beasiswa kepada siswa yang kurang mampu tetapi berpotensi terutama untuk mereka yang terancam berhenti sekolah di level SMP. Terakhir, Angka Partisipasi Murni (APM) DKI untuk tingkat SMA/SMK masih di bawah 60%.

Jadi dana Rp 82,8 miliar tadi kalau di alokasikan untuk sektor pendidikan bisa berdampak lebih signifikan. Tentu program pemberian beasiswa juga harus tepat sasaran.

Berita ini bisa dilihat juga di CNBC Indonesia melalui tautan berikut ini: Ketimbang Rp 82 M Beli Lem Aibon Mending Buat...

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com