Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 31 Okt 2019 10:31 WIB

Buruh Mulai Padati Kemnaker, Ini Tuntutannya

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Masa Buruh Muali Padati Kantor Kemnaker (Anisa Indraini/detikcom) Foto: Masa Buruh Muali Padati Kantor Kemnaker (Anisa Indraini/detikcom)
Jakarta - Ribuan buruh dari beberapa daerah yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menggelar aksi di depan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Pantauan detikcom, buruh mulai memadati Kemnaker pukul 09.45 WIB. Mereka tampak menggunakan baju hitam bergaris merah dan pengikat kepala berwarna merah. Selain itu, tampak juga sejumlah atribut seperti bendera dan spanduk organisasi.

Sang orator Amir Mahfus sebagai Pimpinan Cabang FSPMI Indonesia nampak berapi-api menyuarakan aspirasi di atas mobil komando. Salah satu yang ia tuntut adalah agar Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan segera direvisi. Menurutnya, PP tersebut sangat merugikan buruh.i

"Tolak PP 78! Tolak PP 78!," soraknya.


Rombongan buruh ini datang menggunakan berbagai moda transportasi. Ada yang menggunakan mobil pick-up, bus hingga mobil rental.

"Hari ini kita mendatangi kemnaker bukan tiba-tiba, ada sebabnya," ujar Amir.

Hingga pukul 10.03 WIB, memang belum terlalu banyak massa yang datang. Mengingat, massa yang berdemo akan datang dari berbagai daerah seperti Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi, Depok, hingga Purwakarta.


Sambil menunggu aksi massa yang lain, para pendemo tampak mengelilingi mobil komando sambil memutar lagu. Ada juga beberapa yang memilih duduk bersantai di pinggiran trotoar gedung Kemnaker.

Simak Video "Massa Petani Unjuk Rasa, Jalan Medan Merdeka Barat Ditutup!"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com