Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 31 Okt 2019 20:00 WIB

Hong Kong Diprediksi Alami Resesi Sampai Tahun Depan

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Foto: DW (News) Foto: DW (News)
Jakarta - Protes pro-demokrasi di Hong Kong yang telah berlangsung selama berbulan-bulan ini memaksa toko-toko tutup, melumpuhkan transportasi umum, dan membuat takut para wisatawan. Ini membuat perekonomian Hong Kong jatuh dalam kondisi yang lebih buruk.

Kini Hong Kong telah jatuh ke dalam resesi pada kuartal ketiga tahun ini. Ekonomi Hong Kong melemah 3,2% sejak Juli hingga September. Perlambatan ekonomi ini jauh lebih buruk dari yang telah diperkirakan oleh para ekonom, membuat pemerintah menjadi pesimistis.

"Terus terang, tidak ada ruang untuk optimisme," kata Ketua Eksekutif Hong Kong Carrie Lam dikutip dari CNN, Kamis (31/10).


Seorang juru bicara pemerintah mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Hong Kong berada pada tren yang meningkat sejak tahun lalu. Hong Kong dianggap cukup mampu untuk bertahan di tengah ekonomi global yang melambat dan ketegangan perdagangan AS-Cina, tetapi situasinya berbalik secara drastis karena dampak dari demo yang berkepanjangan.

"Banyak tekanan sekarang datang dari kerusuhan politik. Perang perdagangan itu sendiri akan menyebabkan pertumbuhan PDB Hong Kong melambat tetapi bukan kontraksi, sementara kerusuhan politik bisa," kata ekonom Oxford Economics yang berbasis di Hong Kong Tommy Wu.


Ekonom memperkirakan bahwa sepanjang tahun 2019 ini, Hong Kong akan kehilangan target pertumbuhan ekonomi tahunan mereka sebesar 0-1%, dan efek penurunan ekonomi ini dapat berlanjut hingga tahun depan.

"(PDB Hong Kong) kemungkinan besar akan jatuh ke dalam pertumbuhan negatif pada 2019 dan juga 2020. Saya tidak bisa melihat bagaimana protes (demo pro-demokrasi) bisa berakhir," kata ekonom untuk Greater China di ING Iris Pang.

"Risiko turunnya perkiraan ini signifikan. Jika kerusuhan politik berlanjut melampaui tahun ini, saya akan memperkirakan PDB tahun depan akan berkontraksi juga," jelasnya lagi.

Simak Video "Dikepung Polisi di Kampus, Demonstran Hong Kong Dijemput Ortu"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com