Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 01 Nov 2019 10:40 WIB

Jadi Dirjen Pajak Baru, Ini Rekam Jejak Suryo Utomo

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta - Suryo Utomo resmi menjabat Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang baru. Ia telah dilantik oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hari ini, Jumat (1/11/2019).

Bagaimana rekam jejaknya?

Suryo Utomo lahir di Semarang, 26 Maret 1969. Ia memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang pada tahun 1992.

Setelah itu, ia memperoleh gelar Master of Business Taxation dari University of Southern California di tahun 1998.



Lalu, gelar terakhirnya ialah Doctor of Philosophy in Taxation University Kebangsaan Malaysia. Suryo memperoleh gelar itu pada tahun 2019.

Suryo banyak menghabiskan karirnya di bidang perpajakan. Tercatat, ia pernah menjabat sebagai Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I (2010-2011), Direktur Peraturan Perpajakan I (2011-2012), Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian (2015), dan Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kepatuhan Pajak (2015-2019). Kemudian, ia pun diangkat menjadi Dirjen Pajak.

Adapun aktivitas Suryo dalam empat tahun terakhir yakni penyusunan RUU Pengampunan Pajak dan aturan pelaksanaannya, penyusunan RUU dan Perpu Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan, menjalankan tax reform, lalu penyusunan RUU omnibus law.


Jadi Dirjen Pajak Baru, Ini Rekam Jejak Suryo Utomo


Simak Video "Bantu Tingkatkan Kesadaran Pajak UMKM, Kemenkeu Apresiasi Google"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com