Kata Pengamat Soal Rekam Jejak Dirjen Pajak Suryo Utomo

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 01 Nov 2019 15:52 WIB
Foto: Antara Foto
Jakarta - Dipilihnya Suryo Utomo sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) merupakan pilihan yang tepat. Sebab, hal ini menunjukkan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada internal Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (1/11/2019).

"Pilihan terhadap Suryo Utomo kami nilai tepat karena dua alasan. Pertama, menunjukkan kepercayaan Presiden dan Menteri Keuangan kepada internal Ditjen Pajak," katanya.

Kemudian, pemilihan Suryo Utomo dianggap tepat karena menimbang rekam jejaknya. Serta, perannya terhadap pajak dalam 4 tahun terakhir.

"Rekam jejak pribadi Suryo Utomo sebagai pejabat yang lahir dan dibesarkan di Dirjen Pajak menjadi modal kuat untuk memimpin DJP. Terlebih 4 tahun terakhir sebagai Staf Ahli Menkeu terlibat sangat aktif dan dekat dalam proses penyusunan UU Pengampunan Pajak, UU Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan, Tim Reformasi Perpajakan, dan review atas seluruh rancangan peraturan perpajakan," paparnya.



"Sepanjang 4 tahun ini interaksi, komunikasi, dan jejaring dengan seluruh pemangku kepentingan akan sangat mendukung tugas sebagai Dirjen Pajak," imbuhnya.

Namun, tugas berat dan setumpuk pekerjaan rumah menanti Suryo Utomo. Dia menyebut tekanan perekonomian global dan domestik akan berdampak pada penerimaan pajak.

"Untuk itu dibutuhkan kepemimpinan yang lebih proaktif, didukung teamwork yang solid, lincah, dan profesional, dan dukungan politik yang kuat, khususnya menuntaskan revisi UU Perpajakan, perbaikan kelembagaan, core tax system, dan pemanfaatan data/informasi perpajakan. Dalam waktu dekat kami juga mendukung dan mendorong konsolidasi internal segera dilakukan agar dapat segera bekerja cepat," jelasnya.

Saat dikonfirmasi, Yustinus mengatakan, rekam jejak Suryo Utomo cukup bagus dan lengkap.

"Menurut saya cukup bagus. Rekam jejaknya juga panjang dan lengkap," katanya.



Simak Video "Bantu Tingkatkan Kesadaran Pajak UMKM, Kemenkeu Apresiasi Google"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)