Lipsus Kasak-kusuk Detektif Swasta

Bak di Film, Begini Cara Kerja Detektif Swasta di Indonesia

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 03 Nov 2019 12:37 WIB
Halaman ke 3 dari 3
3.

Lanjutan

Bak di Film, Begini Cara Kerja Detektif Swasta di Indonesia
Foto: Edy Wahyono

Selain mencari tahu kebiasaan targetnya, Habibi juga mengumpulkan informasi dari selingkuhan si target. Mereka membuntuti hingga kebiasaan si target dan selingkuhannya bertemu.

Jika mereka bertemu di sebuah hotel, giliran tim IT-nya yang bekerja. Tim IT akan berusaha menembus jaringan CCTV hotel.

Setelah semuanya sudah jelas, namun belum mendapatkan bukti. Habibi dan timnya mengatur skenario agar bisa mendapatkan bukti foto dan video saat target dan selingkuhannya bertemu.

"Karena kalau untuk perceraian butuh bukti yang kongkrit. Bahkan kadang ada klien yang ingin dia yang pergoki sendiri. Nanti dia dan pengacaranya yang foto saat digrebek. Saat kejadian itu, tim kita sudah pergi tidak ada ditempat, untuk berhati-hati," tuturnya.

Selain menjalani misi penyelidikan tentang perselingkuhan, Habibi dan tim juga bisa melayani jasa detektif untuk urusan bisnis. Dia pernah mendapatkan klien dari perusahaan yang memintanya untuk mencari bukti adanya tindak korupsi yang dilakukan pegawainya.

Ada juga misi yang datang dari seorang istri orang kaya. Dia diminta untuk mencari tahu aset-aset yang dimiliki suaminya namun disembunyikan dari istrinya.

Untuk menjalani misi seperti itu, Habibi memanfaatkan jaringannya di instansi-instansi yang bisa mendukung penyelidikannya. Jaringannya cukup luas, bahkan dia memiliki informan di instansi penting hingga perbankan.

(das/toy)

Tag Terpopuler