Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 04 Nov 2019 15:21 WIB

Kalah Saing sama Damri Gratis, Berapa Harga Tiket Bus ke Kertajati?

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Manajemen Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati membantah kabar penutupan trayek shuttle bus ke Kertajati karena penumpang sepi. BIJB menyatakan bukan tutup, pengusaha bus hanya mengeluh rugi.

Corporate Secretary BIJB Arief Budiman menyatakan operator bus merugi karena kalah saing dengan bus Damri yang gratis. Masyarakat menurut Arief, lebih memilih Damri dibanding bus lain yang berbayar.

"Kebenarannya bahwa moda di sini memang belum menguntungkan, karena layanan Damri gratis masih menjadi pilihan masyarakat," ucap Arief saat dihubungi detikcom, Senin (4/11/2019).

Dari data yang dipaparkan Arief, setidaknya ada 12 operator bus yang membuka trayek ke Kertajati termasuk Damri. Selain itu ada dua perusahaan taksi juga yang memberikan jasa antar ke Kertajati, yaitu Grab dan Blue Bird.


Umumnya, operator-operator bus ini masih mematok tarif menggunakan harga promo. Tarifnya mulai dari Rp 15 ribu hingga 100 ribu tergantung jauh dekat jarak tempuhnya.

Mereka membuka rute ke berbagai daerah, mulai dari Cirebon, Bandung, Tasikmalaya, Indramayu, Kuningan, Jatinangor, Sumedang, Majalengka, Maja, Kadipaten, Tonjong, Cikijing, Purwakarta, dan Rajagaluh.

Masih dari data yang dipaparkan Arief, trayek yang paling murah harga tiketnya adalah yang dibuka operator Arnes pada rute Kadipaten ke BIJB, dan Mekarsari yang membuka rute Majalengka-BIJB. Kedua rute tersebut hanya dipatok Rp 15 ribu per tiket.



Sedangkan untuk harga tertinggi yang mencapai Rp 100 ribu dipatok untuk rute Bandung-BIJB yang dibuka oleh Bhineka Shuttle, CTU Shuttle, dan MyTrans. Selain itu rute Tasikmalaya-BIJB yang dibuka CTU Shuttle juga dipatok Rp 100 ribu.

Sedangkan, untuk Damri yang memberikan tiket gratis hanya membuka rute ke Bandung, Cirebon, dan Kuningan.





Simak Video "Penjelasan AP I soal Kebakaran Bus di Bandara Ngurah Rai Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com