Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 05 Nov 2019 15:22 WIB

Lulusan SMK Sumbang Pengangguran Paling Tinggi di RI

Danang Sugianto - detikFinance
Ilustrasi. Foto: Agung Pambudhy Ilustrasi. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Agustus 2019 sebesar 5,28%. Posisi itu menunjukkan penurunan dibandingkan Agustus 2018 sebesar 5,34%.

Jika dilihat dari jumlahnya, total orang yang menganggur sebanyak 7,05 juta orang. Lebih tinggi dari posisi Agustus 2018 sebanyak 7,001 juta orang.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan jika dilihat dari jenjang pendidikan, TPT yang paling tinggi terjadi untuk lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dibandingkan tingkat pendidikan yang lainnya. Jumlahnya mencapai 10,42%.


"TPT paling tinggi mereka yang berpendidikan SMK. Tapi trennya mengalami penurunan. Jadi perbaikan kurikulum tentu harus terus dilakukan," ujarnya di Gedung BPS, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

TPT kedua yang paling tinggi terjadi pada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sebesar 7,92%. Sementara untuk TPT paling rendah terjadi pada jenjang pendidikan SD sebesar 2,41%.

Jika dilihat dari jenis kelaminnya, TPT laki-lali mencapai 5,31% secara keseluruhan. Angka itu lebih tinggi dari TPT perempuan yang mencapai 5,23%.



Lulusan SMK Sumbang Pengangguran Paling Tinggi di RI


Simak Video "Lulusan SMK Penyumbang Terbesar Pengangguran di Jawa Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com