Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 05 Nov 2019 23:00 WIB

Masih Mentok di 5%, Ini Perkiraan Pertumbuhan Ekonomi RI 2019

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi/Foto: Agung Pambudhy Ilustrasi pertumbuhan ekonomi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pemerintah memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2019 bakal berada di kisaran 5,05-5,06%. Sementara pertumbuhan di kuartal III-2019 menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) hanya 5,02%.

"Setahunnya seperti yang telah disampaikan, kita masih melihat bahwa kita itu bisa tumbuh di sekitar ya kurang lebih sama lah dengan level 5,05-5,06%, di sekitar itu," kata Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Kemenkeu pun putar otak bagaimana agar APBN yang ada saat ini bisa membuat pertumbuhan ekonomi di kisaran angka tersebut.


"Berarti kita terus berusaha menjaga supaya APBN itu bisa terus memberi support kepada pertumbuhan di level sekian," ujar Suahasil.

"Artinya apa? artinya belanja pemerintah kita akan tetap pastikan di tengah-tengah pelemahan global yang ada imbas kepada pelemahan penerimaan, kita akan memastikan belanja tetap bisa mendukung pertumbuhan ekonomi," tambah mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu itu.

Sebelumnya BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III-2019 sebesar 5,02% year on year (yoy). Angka ini jauh lebih rendah dari kuartal III-2018 sebesar 5,17%.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, catatan nilai pertumbuhan ekonomi kuartal III ini disebabkan realisasi investasi yang masih rendah.

"Perlu jadi catatan bahwa besarnya realisasi investasi di BKPM hanya 14-15% dari total PNBP yang ada di PDB," tutur Suhariyanto di Gedung BPS, Selasa (5/11/2019).



Simak Video "Sandi: Pemerintah Terjebak Dalam Pertumbuhan Ekonomi 5%"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com