Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 06 Nov 2019 10:20 WIB

Buka Rakornas Pengadaan, Jokowi: Produk Lokal Harus Diserap!

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Foto: Presiden Joko Widodo - Herdi Alif Alhikam
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka rapat koordinasi nasional (rakornas) Pengadaan Barang dan Jasa 2019. Acara tahunan ini dihelat oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

Rakornas Pengadaan Barang dan Jasa tahun ini memiliki tema 'Transformasi Pengawasan di Era Digital untuk SDM Unggul Indonesia Maju'. Acara dimulai tepat pukul 09.00.

Dalam sambutannya, Jokowi meminta agar produk dalam negeri dapat lebih banyak masuk dalam katalog barang dan jasa yang ditawarkan. Menurutnya, produk dalam negeri harus jadi yang pertama dalam katalog barang jasa.


"Produksi dalam negeri harus diserap sebanyak- banyaknya, prioritaskan produk dalam negeri agar bisa cepat masuk ke e-katalog. Khususnya produk UMKM sehingga perekonomian kecil pun jalan," kata Jokowi di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Dia pun meminta agar LKPP tidak mempersulit masuknya produk dalam negeri dalam katalog barang jasa. Dia meminta agar standar-standar dalam penentuan barang masuk dalam katalog tidak dipersulit.

"LKPP jangan sampai mempersulit produksi dalam negeri, sehingga produksi dalam negeri jadi tuan rumah. Untuk itu saya minta LKPP kerja sama dengan BSN (Badan Standarisasi Nasional), agar UMKM mudah dapat SNI misalnya," ucap Jokowi.

Acara ini juga rencananya akan dihadiri oleh MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri PPN/Bappenas Soeharso Manoarfa, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, hingga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Simak Video "Jokowi Bersyukur Pemerintah Kembali Mendapat Predikat WTP"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com