Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 06 Nov 2019 13:31 WIB

Pesan Obat Kini Bisa Dikirim Pakai Drone, Cepat Sembuh Ya!

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Foto: Drone- CVS Pharmacy/Reuters Foto: Drone- CVS Pharmacy/Reuters
Jakarta - CVS, perusahaan farmasi asal Amerika, telah melakukan pengiriman obat melalui pesawat tanpa awak alias drone. Dalam pelaksanaannya, CVS bekerja sama dengan UPS (United Parcel Service) untuk melakukan pengiriman obat melalui drone tersebut.

Melansir dari Reuters pada Rabu (6/11/20190, pengiriman perdana melalui drone ini dilakukan pada hari Jumat (1/11) kemarin di Cary, North Carolina. Kemudian untuk pengiriman kedua mereka berhasil mendaratkan paket obat-obatan di sebuah panti jompo.

Paket obat tersebut kira-kira seukuran kotak sepatu kecil, diturunkan dari drone yang melayang di ketinggian sekitar 20 kaki atau sekitar 6 meter.

UPS dan CVS mengatakan pada hari Selasa (5/11) waktu setempat kalau pengiriman obat pertama melalui drone tersebut telah disetujui oleh Administrasi Penerbangan Federal (FAA) AS. Kini regulator AS masih menuntaskan dan melengkapi aturan tentang bagaimana pesawat tak berawak ini dapat beroperasi di wilayah udara AS, dan pedoman ini diharapkan rampung pada tahun 2021.



Telah mendapat persetujuan dari Administrasi Penerbangan Federal AS, CVS maupun UPS melihat adanya potensi dalam pengiriman obat melalui drone tersebut. UPS sendiri merupakan perusahaan pertama yang memiliki sertifikasi FAA terluas untuk mengoperasikan maskapai drone, memungkinkan CVS maupun UPS untuk menerbangkan sebanyak mungkin drone untuk memenuhi permintaan pelanggan.

"Kami melihat potensi besar dalam pengiriman drone di komunitas pedesaan, di mana obat-obatan yang dapat menyelamatkan jiwa dibutuhkan dan (namun) konsumen kadang-kadang tidak dapat dengan mudah mengakses salah satu toko kami," kata presiden CVS Pharmacy Kevin Hourican.

Sukses dengan pengiriman perdana mereka. Kini CVS sedang mengembangkan berbagai jenis opsi pengiriman drone untuk di wilayah perkotaan, pinggiran kota, maupun pedesaan.
"CVS sedang mengeksplorasi berbagai jenis opsi pengiriman untuk pasar perkotaan, pinggiran kota dan pedesaan," tambah Kevin.

Sebelum CVS, perusahaan farmasi Walgreens, telah terlebih dahulu meluncurkan layanan pengiriman drone kecil di Christiansburg, Virginia. Dalam pelaksanaannya Walgreens bekerjasama dengan FedEx dan Wing, perusahaan pengiriman drone yang dioperasikan oleh perusahaan induk Google Alphabet.




Simak Video "Drone Dimanfaatkan Petani Tanzania Pelihara Tanaman Padi"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com