Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 07 Nov 2019 08:16 WIB

Tunggu Restu Basuki, 3 Ruas Tol Siap Naik Tarif

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Halaman 1 dari 2
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Sebanyak tiga ruas tol menunggu persetujuan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk mengalami penyesuian tarif. Ketiga ruas tersebut diketahui telah mendapatkan lampu hijau untuk melakukan penyesuaian tarif sesuai aturannya.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit.

Selain tiga ruas tersebut, ada belasan ruas tol lagi yang mengantre penyesuaian tarif tol sampai akhir tahun. Penyesuian tarif sendiri dijamin menyesuaikan dengan daya beli masyakat dan tentunya pelayanannya harus semakin ditingkatkan.

Ketiga ruas tol yang tinggal menunggu penetapan keputusan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono adalah Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), Mojokerto-Kertosono, dan Makassar seksi IV.

"Sudah di meja Pak Menteri dan kita tunggu beliau tandatangan penyesuaian tarif," kata Danang Parikesit.

Besaran penyesuaiannya sendiri diperkirakan ada di sekitar angka 6,5%. Angka tersebut sesuai dengan inflasi di daerah operasional tol dalam dua tahun terakhir.

Danang bilang, ada beberapa ruas lainnya yang juga telah mengajukan penyesuaian tarif. Namun ruas-ruas tersebut diminta untuk memenuhi standar pelayanan minimum (SPM) nya lebih lanjut.

Hal ini juga berlaku untuk tol Jakarta-Tangerang yang baru saja mengalami penyesuaian pada akhir pekan lalu. Tol tersebut seharusnya bisa mengalami penyesuaian pada April 2019 namun baru terealisasi pada awal November ini.

"Ada beberapa yang mengajukan dan tidak memenuhi, kita minta perbaiki dulu sampai dia memenuhi," katanya.

Lanjut ke halaman berikutnya >>> (eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com