Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 11 Nov 2019 14:09 WIB

Mentan Ingin Pakai Drone untuk Siram Lahan Pertanian

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Dok. Humas Kementerian Pertanian Foto: Dok. Humas Kementerian Pertanian
Jakarta - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ingin memanfaatkan teknologi di sektor pertaniani. Syahrul ingin menerapkan penggunaan drone untuk menyiiram sawah.

"Penyiraman dan lain-lain dari udara itu bisa 500 Ha dengan waktu 30 menit. Kalau dilakukan manusia mungkin saja cuma 5-10 Ha. Tapi kalau dengan drone bisa 500 Ha," kata Syahrul di kantornya, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Syahrul menuturkan, pengoperasian drone ini bisa memberikan efisiensi waktu yang cukup signifikan dan memberikan penghematan dalam biaya produksi pertanian.

"Kita tidak bisa memungkiri kekuatan atau kemajuan teknologi yang ada dan bagian-bagian dari bagaimana membangun produktivitas yang makin baik, cost produksi yang makin rendah, itu harus dituju," tutur Syahrul.


Apalagi, drone yang diwacanakan untuk membantu pertanian RI ini merupakan karya anak bangsa.

"Dan yang lebih penting, semua mesin dan teknologi ini buatan anak bangsa," imbuhnya.

Meski begitu, ia mengungkapkan bahwa penggunaan teknologi drone ini harus disesuaikan dengan keberadaan petani. Pasalnya, penggunaan teknologi ini juga punya potensi menggerus tenaga kerja dari jumlah penduduk RI yang melimpah.

Maka dari itu, pihaknya akan melakukan uji coba drone ini dan melihat respons dari petani juga.


"Kami uji coba dulu. Ingat, kita penduduk dengan jumlah demografi tenaga kerja yang sangat besar. Bayangkan kalau ini 500 Ha bisa 30 menit, yang lain tidak terpakai maka ini harus kita pikirkan dengan bijaksana," papar dia.

Simak Video "Target 100 Hari Kerja Mentan Syahrul: Seragamkan Data Pertanian"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com