Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 11 Nov 2019 16:38 WIB

Peran Menko akan Maksimal Jika Tidak Rangkap Jabatan

Anisa Indraini - detikFinance
Ilustrasi Foto: Rifkianto Nugroho Ilustrasi Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadapi tantangan ekonomi yang jauh lebih berat tahun ini. Apalagi di tengah kondisi ekonomi dunia yang masih tak menentu.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah punya sara supaya tim ekonomi Jokowi bisa bekerja semaksimal mungkin.

"Ke depan, ketika kita mengharapkan seorang menko perekonomian bisa berfungsi maksimal, menetapkan arah, menyiapkan strategi dan melakukan pengawasan dan koordinasi. Sudah selayaknya posisi menko perekonomian tidak rangkap jabatan dengan ketua umum parpol. Apalagi tantangan ekonomi ke depan semakin berat," ujarnya, Senin (11/11/2019).

Menurutnya, saat ini yang terjadi dari posisi menko lebih fungsional untuk mengkoordinasikan tidak punya kuasa mengeksekusi kebijakan.

"Ke depan kita tidak berharap hal ini berulang kembali. Seharusnya menko berperan maksimal yaitu melalui fungsi pemberi arah dan menetapkan strategi yang akan dilaksanakan oleh kementerian-kementerian di bawahnya. Dalam konteks inilah, seorang menko tidak boleh rangkap jabatan partai," jelasnya.



Simak Video "Sambangi Kantor Mahfud, Menteri Siti Lapor Progres Penanganan Karhutla"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com