Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 11 Nov 2019 18:08 WIB

Investasi Bodong Kampoeng Kurma, Memang Kurma Bisa Ditanam di RI?

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - PT Kampoeng Kurma di Bogor sedang menjadi sorotan. Sebab, mereka ternyata menjalankan investasi bodong dan banyak masyarakat yang merasa dirugikan.

Awalnya, PT Kampoeng Kurma menawarkan investasi dengan membeli kavling yang akan ditanami pohon kurma dengan label syariah dan anti riba. Bicara soal kurma, memang bisa buah kurma ditanam di Indonesia?

Pengamat Pertanian dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Dwi Andreas mengatakan, kurma memang sudah terbukti bisa ditanam di beberapa tempat di Indonesia.

"Sebenarnya nggak ada masalah kan sudah terbukti beberapa kurma yang ditanam di Indonesia itu bisa berproduksi," katanya saat dihubungi detikcom, Senin (11/11/2019).


Namun, terkait kualitas kurma antara di Indonesia dan di Arab, Andreas sendiri tidak mengetahui secara pasti. Hanya saja dia bilang, kurma bisa tumbuh di tanah Indonesia.

"Saya tahunya kurma tersebut sudah ditanam di Indonesia di beberapa tempat dan sudah tumbuh. Terkait bagaimana kualitas kurma tersebut apakah berbeda atau tidak saya nggak tahu," imbuhnya.

Seperti diketahui bersama, awalnya pohon kurma identik dengan tanaman padang pasir di sepanjang Arab. Namun kini, beberapa tempat melakukan eksperimen untuk menanam pohon kurma dan bisa berproduksi.



Simak Video "Hati-hati Investasi Ilusi"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com