Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 12 Nov 2019 10:33 WIB

Gokil! Alibaba Catat Transaksi Rp 537 Triliun di Singles' Day

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Raksasa e-commerce China, Alibaba telah membukukan pendapatannya dalam festival belanja Singles Day (11-11) yang berlangsung selama 24 jam pada Senin (11/11/2019) kemarin. Acara festival belanja yang dibuka tepat pukul 00.00 waktu setempat itu mencapai US$ 38,4 miliar (268 miliar yuan) atau sekitar Rp 537 triliun (kurs Rp 14.000).

Bila dibandingkan dengan tahun lalu, angka penjualan tahun ini meningkat sebesar 26%. Lebih dari 200 ribu merek turut berpartisipasi pada festival tahun ini dengan jumlah produk mencapai 1 juta item.

"Kami memenuhi permintaan konsumen Tiongkok yang semakin tumbuh dan membantu mereka meningkatkan gaya hidup mereka, sambil memperkenalkan kepada para pengguna baru tentang ekonomi digital kami di seluruh Tiongkok dan dunia," kata Presiden Taobao dan Tmall Fan Jiang daam keterangan tertulis yang dikutip detikcom, Selasa (12/11/2019).


Pada festival tahun ini, perusahaan logistik Cainiao Network telah memproses 1,3 miliar paket pesanan. Ada lima negara yang paling banyak menjual produknya ke China selama festival berlangsung, yakni Jepang, Amerika Serikat, Korea Selatan, Australia, dan Jerman.

Selain itu, terdapat 299 merek telah mampu melampaui penjualan senilai 100 juta yuan. Dari jumlah itu, ada 15 merek dagang bisa meraih transaksi 1 miliar yuan.

Beberapa merek global yang banyak terjual di China selama festival berlangsung yakni Apple, Bose, Estée Lauder, Gap, H&M, L'Oréal, Levi's, MUJI, Nestlé, Nike, Philips, The North Face, Under Armour, dan Uniqlo.


Sebagai catatan, Festival Singles Day atau lebih dikenal dengan istilah 'Double Eleven' ini, merupakan festival belanja online di China yang pertama kali dipromosikan oleh Ketua dan CEO Alibaba Daniel Zhang sejak 2009. Di Indonesia sendiri, dengan tanggal yang sama (11/11) merayakan festival belanja online dengan nama harbolnas (hari belanja online nasional).

Simak Video "'Singles Day', Perayaan untuk Jomblo yang Munculkan Diskon Belanja Online 11.11"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com