Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 12 Nov 2019 12:47 WIB

Tugas Erick Thohir untuk Dirut Baru BUMN

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir memberikan sejumlah pekerjaan rumah (PR) kepada para bos BUMN khususnya yang akan ditunjuk. Dalam hal ini, bos Bank Mandiri, BTN, dan Inalum yang baru saja diajukan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Untuk bos Bank Mandiri dan BTN, Erick mengatakan bahwa persaingan sektor perbankan ke depan semakin berat. Apalagi, pada tahun 2020 sudah disepakati mengenai keterbukaan data perbankan.

"Yang namanya perbankan persaingannya cukup tinggi, apalagi ada globalisasi, data perbankan kan terbuka pada 2020, modal disetor juga menjadi hal yang signifikan ke depan, ini yang kami perhatikan," kata Erick di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Erick menyampaikan, model bisnis sektor perbankan dengan berkembangnya teknologi juga memberikan tantangan tersendiri bagi layanan bank BUMN.


"Orang banyak yang menggunakan e-payment, di mana-mana cashless, di kantor bank sudah tidak antre, banyak isu yang harus direvisi ulang," jelas dia.

"Apakah soal pembukaan kantor ke depan dari bank masih seperti zaman dulu atau tidak, bagaimana dengan ATM, yang jumlahnya 53 ribu, kalau bank BUMN tetap buat ini tidak efisien, dan banyak hal lain di bank yang juga perlu adaptasi," sambungnya.

Menurut Erick, perbankan BUMN memiliki kontribusi yang besar terhadap penerimaan negara. Namun, hal itu juga berlaku bagi BUMN lain seperti telekomunikasi, sektor energi, dan lainnya.

"Kalau dilihat ke depan, industri ini akan berubah, kalau dulu bank dan telekomunikasi dulu telepon bayar sekarang gratis karena data, ini yang perlu diantisipasi. Bagaimana kalau tiga sumber income untuk negara dan rakyat kalah bersaing, ini yang harus diantisipasi," ungkapnya.



Simak Video "Aksi Erick Thohir Benahi BUMN, Rekrut Ahok hingga Chandra Hamzah"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com