Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 13 Nov 2019 11:20 WIB

Di Depan Pemda, Jokowi: Jangan Menggampangkan Hal Kecil!

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Andhika Prasetya/detikcom Foto: Andhika Prasetya/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan warning atau peringatan kepada seluruh pejabat daerah baik pemerintahan maupun aparat penegak hukum karena banyak hal-hal kecil berujung pada kerusuhan besar.

Jokowi mencontohkan seperti aksi demo yang terjadi di Hong Kong, Chili, dan Bolivia. Menurut Jokowi, ketiga negara itu sedang dilanda aksi demo karena hal yang kecil dan tidak diperhatikan khusus oleh Pemerintah.

"Hati-hati dalam menangani setiap peristiwa sekecil apapun, saya titip ini terutama untuk jajaran TNI dan Polri, melihat sekecil apapun peristiwa jangan menggampangkan karena kita penuh discontent atau ketidakpuasan," kata Jokowi saat membuka sekaligus meresmikan acara Rakornas Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda di Sentul, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019).

Jokowi menceritakan, kejadian aksi demo di Hong Kong saat ini sudah terjadi selama lima bulan dan lima hari setiap minggunya. Hal ini dipicu karena adanya wacana ekstradisi hukum yang akan ditarik ke China daratan.


Sedangkan di Chili, kata Jokowi faktornya karena kenaikan tarif transportasi yang sebesar 4%. Kejadian demo ini pun membatalkan agenda pertemuan APEC yang akan digelar di sana. Berikutnya Bolivia yang mengakibatkan Presiden Evo Morales mundur dari jabatannya.

"Hati-hati menangani hal-hal yang kecil, yang kalau kita tidak sensitif bisa melebar ke mana-mana," jelas dia.

Oleh karena itu, Jokowi berharap pada acara Rakornas Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkomindo menghasilkan hubungan yang harmonis. Terutama dalam mengawal perekonomian nasional di tengah ketidakpastian.

"Jadi penting sekali hubungan harmonis Forkopimda di daerah penting sekali penting sekali penting sekali, komunikasi gubernur dengan Kapolda, Pangdam, Kajati, kepala pengadilan tinggi, penting sekali untuk dijalin, ada masalah dibicarakan, hubungan harmonis akan sangat memengaruhi tensi di daerah kalau satu saja tidak rukun akan menjadi masalah besar dalam menangani problem-problem di daerah juga bupati wali kota hubungan baik dengan Danrem, Dandim, Kapolres, ketua pengadilan, penting sekali dilakukan dan saya titip," ungkapnya.



Simak Video "Pemda Tak Maksimal Tangani Karhutla Diperingati Mendagri"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com