Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 13 Nov 2019 13:21 WIB

Daftar Komoditas yang Bakal Dipelototi 'Intel Pasar' Kemendag Jelang Nataru

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) bakal menyoroti sejumlah bahan pangan yang kerap kali mengalami lonjakan harga jelang hari raya keagamaan. Komoditas pangan pokok tersebut di antaranya beras, daging, gula, minyak goreng, ayam ras, cabai, dan bawang putih.

"Beras, daging, gula, minyak goreng, ayam ras terutama, cabai, bawang putih. Jadi kita harus stabilkan kebutuhan bahan pokok yang biasa digunakan untuk hari besar keagamaan," kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di kantornya, Jakarta, Rabu (13/11/2019).

Begitu juga dengan bawang merah yang menurut Agus saat ini sudah mulai terlihat kenaikan harganya di pasar.

"Bawang merah ya, karena kan cuaca kemarau panjang jadi otomatis berpengaruh terhadap barang-barang tersebut. Maka kita waspadai, makanya gunanya untuk penetrasi pasar, kondisi iklim suasana di pasar supaya juga kita tahu pasokan cukup atau tidak," jelas Agus.


Mulai pertengahan bulan November hingga pertengahan Desember, pihaknya akan melakukan rapat koordinasi daerah (rakorda) dengan Pemda dari 15 provinsi. Hal tersebut dilakukan untuk mengukur pasokan pangan pokok di wilayah tersebut.

"Apakah nanti ada kenaikan permintaan, bisa kita antisipasi terutama dengan bekerja sama dengan Pemerintah daerah dan pelaku pasar di sana," ujar dia.


Kemudian, pada tanggal 16-20 Desember, Kemendag akan turun langsung ke 121 pasar di 15 Provinsi yang biasa merayakan Natal dan Tahun Baru, untuk melakukan penetrasi pasar.

Perlu diketahui, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang ditampilkan Kemendag, pada pekan kedua November, komoditas pangan pokok yang mengalami kenaikan dibanding bulan sebelumnya adalah bawang merah sebesar 10,77%, dan daging ayam ras sebesar 2,84%.

Simak Video "Di Rakornas, Mendagri Minta Pemda Akomodir Visi Misi Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com