Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 13 Nov 2019 13:48 WIB

Jokowi Butuh Bantuan Daerah Selesaikan 7 Juta Pengangguran

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: (Andhika Prasetia/detikcom). Foto: (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) butuh bantuan pemerintah daerah (Pemda) untuk menyelesaikan permasalahan pengangguran terbuka yang masih banyak di Indonesia. Hingga saat ini, masih ada sekitar 7 juta jiwa pengangguran.

Saat membuka sekaligus meresmikan Rakornas Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda, Jokowi menyampaikan ada agenda besar yang membutuhkan keterlibatan Pemda, yaitu mengenai cipta lapangan kerja.

"Semua sekarang ini harus menuju ke sana. Kalau yang berhubungan dengan ini saya minta semua dukung," kata Jokowi di Sentul, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019).

Dukungan yang dibutuhkan Jokowi adalah mengenai perbaikan iklim investasi khususnya di daerah. Pejabat daerah harus bisa memberikan rasa aman hingga kelancaran bagi pelaku usaha yang ingin menanamkan uang di wilayahnya.


"Sehingga investasi yang muncul ke daerah dan bisa direalisasi," jelas dia.

Mantan Wali Kota Solo ini mengingatkan bahwa Indonesia tidak mampu menampung 33 industri yang merelokasi pabriknya dari China. Berdasarkan catatannya, 23 perusahaan memilih ke Vietnam sedangkan sisanya ada yang ke Malaysia dan Thailand.

Salah satu penyebabnya adalah masih banyaknya aturan di daerah yang justru mengendurkan minat investor untuk menanamkan modalnya di tanah air. Dengan begitu pula masalah pengangguran di Indonesia belum bisa diselesaikan.

"Jangan kita biarkan investasi masuk ke daerah sudah ada minat tidak ada realisasi karena mereka tidak dilayani dengan baik, harusnya kita melayani, dilayani secepat-cepatnya sehingga muncul lapangan kerja, ingat masih 7 juta yang belum memiliki pekerjaan, ini tugas kita bersama," ungkap dia.



Simak Video "Pemda Tak Maksimal Tangani Karhutla Diperingati Mendagri"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com