Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 13 Nov 2019 17:05 WIB

Membandingkan Harga Atribut Ojol yang Asli dan Abal-abal

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Foto: Jaket Abal-abal Ojol Dijual Bebas (Ignacio Geordi Oswaldo/detikcom) Foto: Jaket Abal-abal Ojol Dijual Bebas (Ignacio Geordi Oswaldo/detikcom)
Jakarta - Pelaku ledakan bom bunuh diri di Polrestabes Medan, Sumatera Utara pagi tadi mengenakan atribut ojek online (ojol). Atribut ojol sendiri memang mudah untuk didapatkan karena dijual dengan bebas.

Untuk mendapatkan atribut ojol ini, siapa saja bisa memesannya melalui situs belanja online ataupun membelinya secara lansung di kios pinggir jalan. Atribut ini bisa dikatakan abal-abal lantaran penjualnya tak mengantongi lisensi resmi dari perusahaan aplikator yang atributnya mereka jual.

Berdasarkan penelusuran detikcom terhadap beberapa situs belanja online, mulai dari helm hingga jaket ojol dijual bebas.


Untuk helm ojol harganya bervariasi mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 217.000 tergantung variasi. Sementara untuk jaket ojol ditawarkan mulai Rp 90.000 hingga Rp 140.000. Ada juga toko yang menjual jaket ojol modif waterprof seharga Rp 149.000 hingga Rp 266.000.

Ada juga toko yang menjual paketan helm dan jaket dengan harga sekitar Rp 285.000 per paket. Tidak hanya itu, ada beberapa toko online yang menjual jaket ojol 2 in 1 bolak balik dengan dua logo perusahaan yang berbeda.

Selain melalui situs belanja online, atribut ojol masih dapat dibeli melalui beberapa kios di pinggir jalan. Kios pinggir jalan ini menjual atribut ojol mulai dari helm, jaket, kaos, hingga vest dan sarung tangan dengan lambang ojol tertera. Kisaran harga yang dijualpun relatif tidak jauh beda dari yang dijual secara online.

Untuk jaket ojol, harga yang dibandrol oleh penjual mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 200.000 ribu tergantung dari bahan dan variasi jaket. Untuk helm harga dibandrol penjual seharga Rp 100.000. tidak seperti jaket, helm ojol yang dijual di kios pinggir jalan tidak memiliki variasi lain.


Harga Atribut Asli

Berdasarkan situs resmi driver Gojek.com yang dikutip detikcom, Rabu (13/11/2019), atribut dijual dalam beberapa kategori. Harga terendah yaitu untuk kategori jaket garuda + 1 helm, yang mana dijual dengan harga Rp 280 ribu dengan cicilan Rp 7 ribu/hari. Sedangkan untuk jaket garuda + 2 helm, dijual dengan harga Rp 330 ribu dengan cicilan Rp 8.250/hari.

Untuk jaket garuda super dengan 2 helm dijual seharga Rp 390 ribu dengan cicilan Rp 9.750/hari. Harga termahal yaitu untuk kategori jaket garuda + jaket garuda super + 2 helm, yang dipatok seharga Rp 500 ribu dengan cicilan Rp 12.500/hari.

Sebagai informasi, jaket garuda super memiliki keunggulan dari jaket garuda biasa. Beberapa keunggulan itu yakni memiliki bahan anti air dan penutup kepala, memiliki pita cahaya ekstra dan memiliki 4 saku dalam jaket.

Pihak pengemudi online yang membeli atribut dari aplikator akan dipotong secara otomatis dari gaji atau saldonya setiap hari sebanyak 40 kali.



Simak Video "Pernah Dibantu, Driver Ojol Ini Berkaca-kaca Ketemu Melanie Subono"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com