Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 14 Nov 2019 10:51 WIB

Tak Lagi Masuk Daftar Investasi Ilegal, Benarkah Eco Racing Berizin?

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Screenshoot Website Eco Racing Foto: Screenshoot Website Eco Racing
Jakarta - PT Bandung Eco Sinergi Teknologi (BEST), perusahaan berkonsep Multi Level Marketing (MLM) menjual obat penghemat BBM bermerek Eco Racing. Selain menjual obat penghemat BBM, entitas ini juga menjual produk lainnya seperti perawatan kulit hingga serbuk kopi.

BEST sempat masuk dalam daftar entitas yang tidak memiliki izin usaha pemasaran produk dan penawaran investasi oleh Satgas Waspada Investasi pada 2018 lalu. Namun pada Oktober 2019 Satgas Waspada Investasi mengumumkan entitas tersebut telah mendapatkan izin usaha.

Berdasarkan penelusuran detikcom, sangat banyak website maupun blog dari para anggotanya yang menawarkan peluang usaha MLM ini. Sebagian dari situsnya melampirkan legalitas perusahaan berupa Surat Izin Usaha Penjualan Langsung (SIUPL) dari Kementerian Perdagangan.



SIUPL yang dilampirkan tertera tanggal pengesahannya pada 24 Mei 2019. Isinya ada 11 produk yang diberikan izin.

Ketua Tim Satgas Waspada Investasi, Tongam Lumban Tobing pun membenarkan hal itu. BEST tak lagi masuk daftar hitam lantaran sudah berizin.

"Sudah dapat izin SIUPL dari Kemendag," ujarnya kepada detikcom, Kamis (14/11/2019).

Meski begitu Tongam menegaskan, bahwa Satgas Waspada Investasi dan Kementerian Perdagangan akan terus mengawasi kegiatan BEST.



Simak Video "Heboh Ferarri di Pesawat Garuda, Begini Faktanya"
[Gambas:Video 20detik]
(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com