Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 15 Nov 2019 05:44 WIB

Mereka yang Meragukan Ahok Pimpin BUMN

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Halaman 1 dari 2
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
FOKUS BERITA Ahok Jadi Bos BUMN
Jakarta - Nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi perbincangan belakangan ini karena kabarnya akan masuk ke salah satu BUMN. Kian mengerucut, Ahok dikabarkan masuk dan menjadi petinggi PT Pertamina (Persero).

Beberapa pihak meragukan kualitas Ahok memimpin BUMN energi. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut dinilai tak memiliki pengalaman di sektor energi.

Sejumlah pihak menaruh keraguan atas kabar Ahok masuk BUMN energi. Siapa saja mereka?

Pengamat Ekonomi Energi Universitas Gadjah Mada Fahmy Radhi meragukan Ahok jika memimpin kedua BUMN energi tersebut. Ahok dinilai tidak punya rekam jejak di sektor tersebut.

"Saya meragukan Ahok tepat di Pertamina atau PLN benahi keduanya karena pertama Ahok itu nggak punya rekam jejak dalam pengelolaan bidang energi. Permasalahan Pertamina dan PLN sangat kompleks dan itu dibutuhkan seorang benar-benar paham," kata Fahmy saat dihubungi detikcom, Kamis (14/11/2019).

Fahmy menambahkan, sosok Ahok yang sempat tersandung kasus penistaan agama juga akan menjadi catatan khusus.

"Kedua figur Ahok politisi kontroversial atau bahkan pernah terbukti penodaan agama akan menjadi blunder muncul resistensi sehingga nggak sempat untuk benahi PLN atau Pertamina," ujarnya.

Ia menilai sosok Ahok lebih pas ditempatkan di BUMN karya atau perkebunan. Pasalnya BUMN tersebut lebih butuh pembenahan.

"Kalau misalnya BUMN karya atau kalau memang dicoba itu ditempatkan saja di BUMN holding PTPN banyak masalahnya dan utangnya banyak saya kira akan lebih fair dan mungkin resistensi rendah," katanya.

Lanjut ke halaman berikutnya >>> (ara/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com