Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 15 Nov 2019 09:39 WIB

Luhut hingga Anies Merapat ke Kantor Suharso Monoarfa, Ada Apa?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani/detikcom Foto: Trio Hamdani/detikcom
Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa pagi ini mengundang sejumlah menteri dan pejabat pemerintah daerah (pemda) membahas ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Rapat digelar secara tertutup dan dimulai pukul 09.00 WIB.

Tampak hadir Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendy, dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Pantauan detikcom, di Kantor Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Jumat (15/11/2019), kepala daerah juga tampak ada yang hadir, yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.



Berdasarkan agenda Menko Kemaritiman dan Investasi, fokus yang dibahas dalam rapat tertutup tersebut adalah pembahasan panitia antar kementerian (PAK) dan harmonisasi draft rancangan perpres tentang Badan Otorita Persiapan, Pemindahan, dan Pembangunan Ibu Kota Negara.

Usai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka pengenalan calon menteri pada Selasa 22 Oktober lalu, Suharso mengatakan bahwa Badan Otorita IKN bakal terbentuk sebelum ganti tahun ke 2020.

"Kita juga bicara Pak Presiden segera dibentuk Badan Otorita ibu kota baru sesegera mungkin pada akhir tahun," kata dia Selasa (22/10/2019).


Sementara itu, Anies Baswedan pernah berpesan agar pemerintah pusat tak mengurangi perhatiannya terhadap masalah di Jakarta setelah pindah ke ibu kota baru.

"Harapan kami bahwa perhatian pemerintah bukan hanya terhadap masalah di kawasan ibu kota tapi juga kawasan Jakarta tidak berkurang. Karena kawasan ini memiliki tantangan yang tidak kecil," ujarnya di Gedung Nusantara II, DPR RI, Jakarta, Rabu (25/9/2019).




Simak Video "Wajah Ibu Kota Baru di Benak Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com