Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 15 Nov 2019 12:25 WIB

Ibu Kota Pindah, Anies: Jakarta Bakal Jadi Pusat Ekonomi

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: detikcom Foto: detikcom
Jakarta - Sedikit demi sedikit pemerintah tengah mengambil langkah dalam pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur (Kaltim). Lalu, setelah ibu kota pindah, apa status Jakarta di Indonesia?

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan, meski ibu kota akan pindah ke Kaltim, Jakarta akan tetap menjadi pusat perekonomian Indonesia.

"Jakarta akan ditempatkan sebagai pusat perekonomian," ujar Anies usai menghadiri rapat pembentukan Badan Otorita IKN di kantor Bappenas, Jakarta, Jumat (15/11/2019).



Dalam rapat yang dipimpin Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa tersebut, Anies memastikan status Jakarta sebagai pusat perekonomian akan tertulis dalam regulasi ibu kota baru nantinya.

"Itu harus dipastikan bahwa untuk peran perekonomian di Jakarta itu terfasilitasi di dalam peraturan yang baru," kata Anies.

Sebagai informasi, dalam rapat yang dihadiri Anies tersebut, turut hadir juga Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, serta Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Rapat tersebut membahas soal pembentukan Panitia Antar Kementerian (PAK) dan Harmonisasi Draft RPerpres tentang Badan Otorita Pesiapan, Pemindahan, dan pembangunan Ibu Kota Negara.



Simak Video "Wajah Ibu Kota Baru di Benak Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com