Round-Up Berita Terpopuler Sepekan

Ahok Jadi Bos BUMN hingga Investasi Bodong Kampoeng Kurma

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 17 Nov 2019 08:00 WIB
Ahok Jadi Bos BUMN hingga Investasi Bodong Kampoeng Kurma
Foto: Lamhot Aritonang

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku akan menelusuri 'desa hantu' atau desa fiktif yang dikabarkan dapat aliran uang dari program dana desa.

Sri Mulyani tidak sendiri, dirinya sepakat melakukan penelusuran bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar. Upaya yang dilakukan adalah memverifikasi data desa.

"Kemarin pembahasan mengenai apakah seluruh desa adalah desa yang legitimateatau verified kita sekarang bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa untuk benar-benar mengidentifikasi beberapa yang diidentifikasi atau yang disinyalir bukan merupakan desa-desa yang legitimatemendapatkan," kata Sri Mulyani di komplain Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Selain memverifikasi, Sri Mulyani juga akan memperketat proses pencairan dana desa yang setiap tahunnya mengalami peningkatan. Khusus tahun 2019, Pemerintah mengalokasikan anggaran Rp 70 triliun untuk dana desa dan tahun 2020 meningkat menjadi Rp 72 triliun.

Cek berita selengkapnya di sini

(toy/zlf)