Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 20 Nov 2019 15:15 WIB

Menteri dan DPR Rapat Bahas Ibu Kota Baru, Ini Hasilnya

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Anisa Indraini - detikcom Foto: Anisa Indraini - detikcom
Jakarta - Sejumlah Kementerian hari ini menggelar rapat bersama Komisi V DPR RI. Rapat tersebut berlangsung hampir tiga jam, dari pukul 11.00 WIB hingga sekitar pukul 13.40 WIB.

Rapat dihadiri oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Manuarfa, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Direktur Jenderal Cipta Karya Danis Sumadilaga, dan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono mewakili Menteri Perhubungan.

Rapat tersebut menghasilkan empat kesimpulan yang telah disepakati bersama antara Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan dan Komisi V DPR, yaitu:

1. Komisi V DPR RI memahami penjelasan Menteri PPN/Bappenas, Menteri PUPR dan Menteri Perhubungan tentang pembiayaan dan kesiapan infrastruktur rencana pemindahan ibu kota negara. Selanjutnya, Komisi V DPR RI meminta Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PUPR, dan Kementerian Perhubungan untuk melanjutkan kajian tentang tahap-tahap rencana pengembangan infrastruktur di ibu kota baru maupun skema pembiayaan yang akan dipergunakan secara lebih detail.


2. Komisi V DPR RI meminta kepada Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan agar dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur dan transportasi ibu kota negara dilakukan setelah ditetapkannya Undang-Undang tentang ibu kota negara yang baru.

3. Komisi V DPR RI meminta Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan agar pemindahan ibu kota tetap memperhatikan kearifan lokal dan daerah penyangganya.

4. Komisi V DPR RI akan mengagendakan rapat kembali dengan Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PUPR, dan Kementerian Perhubungan dalam rangka pembahasan lebih lanjut terhadap rencana pemindahan ibu kota negara.



"Dengan disepakati beberapa keputusan berikut maka raker hari ini resmi ditutup," kata Ketua Komisi V DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Lasarus sebagai pimpinan rapat di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Simak Video "Jokowi Jamin Ibu Kota Baru Bebas Banjir dan Macet"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com