Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Nov 2019 14:18 WIB

Jokowi Perintahkan Nadiem Siapkan Lulusan SMK Dukung Pariwisata

Trio Hamdani - detikFinance
Mendikbud Nadiem Makarim/Foto: Rengga Sancaya Mendikbud Nadiem Makarim/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) siang ini menggelar rapat terbatas (ratas) mengenai pengembangan destinasi prioritas pariwisata di Kantor Presiden, Jakarta Pusat. Dalam arahannya, Jokowi meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memberdayakan lulusan SMK agar bisa mendukung sektor pariwisata.

Pemberdayaan yang dimaksud adalah menyiapkan pelajar SMK yang berlokasi di kawasan pariwisata untuk dititikberatkan pada hal-hal yang berkaitan dengan sektor tersebut. Dengan begitu saat lulus paham dengan bidang tersebut.

"Penyiapan SDM yang mendukung sektor pariwisata, sehingga Mendikbud, SMK-SMK yang berada di lingkungan wisata mestinya lebih dititikberatkan ke arah dukungan sektor wisata," kata dia saat membuka ratas, Kamis (21/11/2019).


Jokowi juga memberi arahan ke para menteri untuk bekerja cepat dalam mendukung sektor pariwisata agar berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Kita harus bergerak cepat karena sudah berkejar-kejaran dengan negara lain dan sektor pariwisata harus menjadi motor peningkatan devisa, peningkatan multiplier effect yang dorong pertumbuhan ekonomi kita," jelasnya.


Pengaturan tata ruang juga dirasa masih perlu ditata lagi untuk kawasan pariwisata prioritas. Berikutnya mengenai akses, misalnya Labuan Bajo yang akan dikerjakan Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan. Dia ingin masalah akses bisa selesai semua.

"(Kementerian) Perhubungan memperpanjang runway, mengembangkan terminalnya, PUPR membangun jalan akses menuju tempat wisatanya, termasuk juga memperbaiki kawasan baik itu pelabuhan atau tempat-tempat untuk mempermudah wisatawan datang ke tujuan," tambahnya.

Simak Video "Ditunjuk Jadi Menteri, Nadiem Makarim Bikin Heboh Warganet"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com