Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 22 Nov 2019 12:44 WIB

Sosok Andi Taufan Garuda Putra, Bos Pinjaman Online yang Jadi Stafsus Jokowi

Lusiana Mustinda - detikFinance
Andi Taufan Garuda Putra. Foto: Ari Saputra/detikcom Andi Taufan Garuda Putra. Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta - Kemarin (22/11/2019) Presiden Jokowi telah menunjuk staf khususnya. Ada 7 anak muda yang dipilih, salah satunya CEO Amartha bernama Andi Taufan Garuda Putra. Siapa dia?

Pemuda-pemudi Indonesia ini menjadi staf Jokowi. Semuanya memiliki catatan aktivisme sosial melalui perusahaan yang memberdayakan masyarakat.


Andi Taufan Garuda Putra jadi salah satu yang diperkenalkan oleh Jokowi di Istana Merdeka bersama dengan enam milenial lainnya.

Dirangkum detikcom, berikut ini profil dari Andi Taufan Garuda Putra, staf khusus Jokowi:

1. Pendidikan

Pria berusia 32 tahun ini memulai pendidikan dibangku kuliah lulusan Manajemen Bisnis di Institut Teknologi Bandung pada tahun 2008. Dan di tahun 2015-2016, Taufan melanjutkan pendidikannya di Harvard Kennedy School dan mendapatkan gelar Master of Public Administration.

2. Pernah Bekerja di IBM

Sebelum melanjutkan kuliah ke Harvard, Andi Taufan masuk sebagai karyawan di salah satu perusahaan multi nasional yang banyak diminati anak muda yaitu IBM.

Di IBM Taufan bekerja selama dua tahun dan memutuskan untuk resign.

3. Pendiri Amartha Microfinance

Lalu ia mendirikan lembaga keuangan mikro bernama Amartha Microfinance di Ciseeng, Bogor. Amartha adalah salah satu perusahaan teknologi finansial peer-to-peer lending yang ada di Indonesia.

Tujuan Andi Taufan mendirikan lembaga keuangan mikro ini untuk membantu pemodalan masyarakat desa untuk membuka usaha.

Awal dari usahanya ini ia jalankan di sekitaran Ciseeng, Bogor. Di sini banyak masyarakat kelas bawah yang tak tersentuh lembaga keuangan modern yaitu bank. Taufan mempunyai tujuan membantu golongan menengah ke bawah di daerah Ciseeng agar terbebas dari renternir melalui pinjaman online.

4. Penghargaan

Andi Taufan Garuda Putra telah banyak mendapatkan penghargaan bergengsi. Mulai dari Finalis Indonesia MDGs Awards, Finalis IPA Social Innovations and Enterpreneurship (Solve) Award, Penerima SATU Indonesia Award, Finalis Global Enterpreneurship Program Indonesia (GEPI), dan Penerima Ashoka Young Change Makers Awards dan Muda Berkarya.

5. Jadi Stafsus Presiden Jokowi

Menurut Jokowi, Andi Taufan Garuda Putra memiliki kepedulian di bidang bisnis usaha mikro kecil menengah (UMKM). Bersama dengan 6 pemuda-pemudi lainnya, kini Andi Taufan resmi terpilih menjadi staf khusus Presiden Jokowi.





Simak Video "Angkie Yudistia, Penyandang Disabilitas Jadi Staf Khusus Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com