Lahan Parkir Cetak Puluhan Juta Rupiah hingga Buka Lapangan Kerja

Hendra Kusuma - detikFinance
Senin, 25 Nov 2019 06:18 WIB
2.

Hasilkan Puluhan Juta Rupiah

Lahan Parkir Cetak Puluhan Juta Rupiah hingga Buka Lapangan Kerja
Foto: Vadhia Lidyana

detikcom pun beberapa waktu lalu mendapat kesempatan menyambangi beberapa pengelola bisnis parkir, baik yang resmi maupu tidak resmi. Mulai dari yang di dalam gedung maupun yang berada di pinggir jalan.

Direktur Utama PT Panca Karya Putra Griya Tama, Ganyong menyebut potensi parkir memang besar. Perusahaannya yang mengelola lahan parkir di salah satu pasar di Tangerang ini bisa mendulang cuan besar setiap bulan. Ganyong mengaku perusahaannya bisa meraup omzet Rp 3 juta tiap hari atau rata-rata Rp 90 juta sebulan.

Menurut Ganyong, lahan parkir yang dikelolanya ini mampu menghasilkan pendapatan sekitar Rp 3 juta setiap harinya atau Rp 90 juta setiap bulan. Hasil yang didapatnya ini bisa lebih besar jika sistem parkiran yang diterapkan lebih baik lagi.

"Kita di sini retribusi tarif parkirnya yang paling rendah, kita di flat, motor itu mau dua hari, satu jam, dia mau nitip motor tetap Rp 2.000, sama begitu pun mobil flat Rp 3.000, becak juga, becak Rp 1.000 perak itu pun yang bawa barang, kalau yang nggak bawa barang ya misi (permisi/gratis) aja," kata dia kepada detikcom.

Sementara itu, Abuy, memiliki lahan parkir khusus motor di pasar lama, Kota Tangerang. Pasar ini dalam lima tahun terakhir menjadi pusat kuliner di Tangerang dan mulai banyak digandrungi oleh semua kalangan.

Abui mengaku setiap harinya bisa mendapatkan penghasilan rata-rata Rp 500 ribu. Sehingga jika dijumlahkan selama satu bulan penghasilannya mencapai Rp 15 juta.

Menurut Abuy, penghasilan yang didapatnya ini sudah termasuk dari retribusi yang sudah disetorkan kepada Dinas Perhubungan Kota Tangerang. Tarif yang diberlakukannya pun seikhlasnya, namun biasanya paling rendah sebesar Rp 2.000.