Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 25 Nov 2019 07:35 WIB

Laporan dari Busan

RI Mau Deklarasi Kerja Sama Dagang dengan Korsel

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Luthfi Anshori Foto: Luthfi Anshori
Busan - Indonesia akan meningkatkan kerja sama perdagangan dengan Korea Selatan. Hal ini dilakukan karena Korea Selatan merupakan salah satu negara yang memiliki hubungan baik dengan Indonesia.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengungkapkan hari ini menandatangani Deklarasi Bersama Penyelesaian Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Korea Selatan (Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement/IK-CEPA) dengan Menteri Perdagangan Korea Selatan Yoo Myung-Hee.

"Penandatanganan Deklarasi Bersama Penyelesaian IK-CEPA merupakan langkah maju menuju penandatanganan IK-CEPA," kata Agus di Busan, Korea Selatan, Senin (25/11/2019).


Dia menyampaikan perjanjian IK-CEPA ini akan membuka peluang lebih besar untuk meningkatkan hubungan dagang kedua negara.

"Perjanjian IK-CEPA tentunya juga akan memberikan akses pasar yang lebih baik bagi keduanya, baik akses pasar barang maupun jasa. Selain itu, juga akan mendorong berbagai kerja sama dan meningkatkan kapasitas," jelas dia.

Selain itu, Agus menegaskan, akan meminta peran yang lebih strategis kepada Atase Perdagangan dan Indonesian Trade Promotion Center di Korea Selatan dalam peningkatan ekspor sebagai wujud implementasi IK-CEPA.


Menteri Perdagangan juga akan mendampingi Presiden RI Joko Widodo menghadiri KTT Peringatan 30 Tahun Kerja Sama ASEAN-Korea Selatan (ASEAN-RoK Commemorative Summit) di Busan pada 25-26 November 2019.

KTT kali ini mengusung tema "Kemitraan bagi Perdamaian, Kesejahteraan bagi Semua". Menurut Mendag Agus, dalam KTT tersebut, Presiden Joko Widodo akan membahas kerja sama ASEAN-Korea Selatan yang telah terjalin selama 30 tahun terakhir dan untuk 30 tahun mendatang, termasuk kerja sama konektivitas dan upaya menjaga stabilitas kawasan.

Simak Video "Kuy! Icip-icip Omelette Kimbap Nan Lezat"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com