Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 26 Nov 2019 18:38 WIB

Ekonomi Syariah: Prinsip, Tujuan, dan Ciri-cirinya

Puti Yasmin - detikFinance
Ekonomi Syariah: Prinsip, Tujuan, dan Ciri-cirinya/Foto: Rachman Haryanto Ekonomi Syariah: Prinsip, Tujuan, dan Ciri-cirinya/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Ekonomi syariah atau dikenal juga dengan ekonomi Islam saat ini tengah berkembang di Indonesia. Namun, seperti apa sebenarnya ekonomi syariah? Yuk simak.

Ekonomi sendiri merupakan unsur penting dalam sebuah negara. Sebab, berkembangnya perekonomian artinya berkembang juga suatu negara.



Berikut karakteristik ekonomi syariah yang dirangkum detikcom:

1. Pengertian

Dilansir dari buku 'Ekonomi Syariah' oleh Yoyok Prasetyo, ada beberapa prinsip mengenai ekonomi syariah. Pertama menurut Monzer Kahf yang menjelaskan ekonomi syariah adalah bagian dari ilmu ekonomi yang bersifat interdisipliner atau tidak dapat berdiri sendiri, tetapi perlu penguasaan yang baik dan mendalam terhadap ilmu-ilmu pendukungnya.

Kemudian, menurut M.A. Mannan, ekonomi syariah merupakan ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi rakyat yang diilhami oleh nilai-nilai Islam.

Artinya, definisi ekonomi syariah menekankan karakteristik komprehensif tentang subjek dan didasarkan atas nilai moral ekonomi syariah yang bertujuan mengaji kesejahteraan manusia, yang dicapai melalui pengorganisasian sumber-sumber alam berdasarkan kooperasi dan partisipasi.

2. Prinsip

Prinsip ekonomi syariah menekankan pada tujuh poin. Pertama, sumber daya merupakan pemberian atau titipan dari Allah SWT sehingga manusia tidak boleh semena-mena,

Kedua, tidak ada kepemilikan mutlak. Ketiga, adalah berjamaah agar saling menggerakan ekonomi. Keempat, pemerataan kekayaan, sehingga tidak ada disparitas.

Kelima, ekonomi syariah menjamin pemilikan masyarakat dan penggunaannya direncanakan untuk kepentingan orang banyak. Keenam, seseorang yang memiliki kekayaan tertentu wajib membayar zakat. Terakhir, prinsip ekonomi syariah adalah melarang riba dalam bentuk apapun.

3. Tujuan

Tujuan ekonomi syariah menurut Umar Chapra adalah tidak mengekang kebebasan individu secara berlebihan, menciptakan keseimbangan makro ekonomi dan ekologi, atau melemahkan solidaritas keluarga dan sosial, serta ikatan moral yang terjalin di masyarakat.



4. Karakteristik

Ciri-ciri ekonomi syariah jelas berbeda dengan ekonomi kapitalis dan sosialis.Ada tiga karakteristiknya, pertama ekonomi ketuhanan, yaitu bersumber dari Allah SWT. Ekonomi pertengahan adalah memiliki keseimbangan antara berbagai aspek.

Terakhir, ekonomi berkeadilan yakni memperlihatkan aspek keadilan bagi semua pihak yang terlibat dalam praktik ekonomi syariah.

Simak Video "Mengenal Master Mushaf Alquran Standar Indonesia Rasm Usmani"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com