Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 28 Nov 2019 13:13 WIB

Mimpi Punya Mobil Terbang, RI Mau Gandeng Investor Korea

Vadhia Lidyana - detikFinance
Ilustrasi Mobil Terbang. Foto: Porsche Ilustrasi Mobil Terbang. Foto: Porsche
Jakarta - Usai mencanangkan mobil listrik, pemerintah punya mimpi besar lagi mewujudkan kendaraan pribadi atau mobil berbasis udara (terbang) di Indonesia.

"Dalam pembahasan kemarin dengan investor dari Korea, terkait dengan pengembangan industri otomotif, kemarin dibahas juga mengenai private air vehicle atau autonomous vehicle tapi basisnya terbang. Bukan lagi di darat, karena bagi Indonesia yang model terbang itu bisa jadi prototype," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Kompas100 CEO Forum, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (28/11/2019).


Airlangga mengatakan, sebagai negara kepulauan, mobil terbang sangat cocok untuk mengakomodir transportasi masyarakat.

"Karena Indonesia adalah negara kepulauan. Salah satu yang sedang mengembangkan private air vehicle ini adalah Hyundai dan beberapa yang lain sedang menyiapkan," jelas Airlangga.

Selain itu, dengan kondisi lalu lintas Indonesia yang padat dan banyak dipenuhi kendaraan bermotor roda dua, ia menilai mobil terbang ini menjadi solusi.

"Ini bisa jadi prototype kendaraan ke depan. Karena autonomous vehicle (mobil tanpa awak) di darat ini kalau untuk Indonesia agak kurang cocok, karena terlalu banyak pasukannya Pak Nadiem (Gojek/pengguna kendaraan bermotor roda dua). Sehingga dia menjadi disruption terhadap auotonomous artificial intellegence, sehingga dengan demikian solusi bagi Indonesia adalah private air vehicle," pungkas Airlangga.



Simak Video "Detik-detik Mobil 'Terbang' Hantam Pejalan Kaki di Batam"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com