Mimpi Ciputra Sulap Jalan Satrio Jadi 'Orchard Road' Bakal Terwujud?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 28 Nov 2019 16:31 WIB
Ciputra Tutup Usia/Foto: Antara Foto
Jakarta - Mendiang pengusaha nasional Ciputra punya mimpi mengembangkan Jalan Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan sebagai kawasan komersial. Ciputra ingin kawasan tersebut seperti Orchard Road di Singapura.

Lantas, apakah mimpi itu sudah terwujud?

Anak pertama Ciputra, Rina Ciputra Sastrawinata mengatakan soal mimpi ayahnya itu lebih baik ditanyakan ke pemerintah.

"Saya rasa itu harus tanya kepada pihak pemerintah ya, karena itu merupakan suatu cita-cita tetapi tentu dengan berkembangnya waktu, tentu ada prioritas yang akhirnya ditentukan oleh dinas pemerintah," katanya di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Kamis (28/11/2019).


"Sekarang bapak lihat banyak pekerjaan untuk menanggulangi kemacetan, jadi sejalan dengan rencana," tambahnya.

Rina tak menjawab secara tegas apakah mimpi Ciputra bakal diwujudkan. Sebagai pengusaha swasta, Rina hanya bisa memohon kepada pemerintah.

"Ya itu biar gimana kami pihak swasta ya, kami memohon kepada dinas pemerintah tapi tentu seperti saya katakan mereka punya prioritas dan rencana-rencana yang sudah direncanakan. Jadi tidak bisa semuanya barangkali terpenuhi," ungkapnya.


Keinginan Ciputra untuk membangun kawasan terpadu itu pernah ia sampaikan pada 2012 lalu. Kala itu, Ciputra mengatakan, ide pembangunan kawasan itu sudah ia gagas dari 20 tahun sebelumnya.

"Proyek ini adalah cita-cita saya 20 tahun lalu karena lokasinya yang strategis. Ini pusat dari segitiga emas, khusus komersil," kata Ciputra dalam catatan detikcom, Rabu (26/9/2012).

Kawasan terpadu itu akan menjadi pusat komersial utama di Jakarta. Menurut Ciputra, kawasan ini seperti halnya Orchard Road Singapura atau Ginza shopping and entertainment district di Tokyo.

Simak Video "Sosok Ari Tahiru, Pemilik Lahan yang Dibela Habis Jenderal TNI"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)