Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 28 Nov 2019 18:28 WIB

Laporan dari Gimhae

Importir Korea Blak-blakan Jurus Jualan Aneka Produk RI

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Sylke Febrina Laucereno
Gimhae - Pemilik gudang sekaligus importir Jae Yeon Hwang menjelaskan salah satu strategi menjual produk Indonesia di Korea Selatan. Aneka produk yang disimpan dalam gudang perusahaan bernama Hanapia itu dipasarkan dengan cara menggandeng Komunitas Muslim Indonesia (KMI) di Korea Selatan.

Komunitas ini membawahi lebih dari 50 Masjid di Korea Selatan.

"Bentuk kerja sama seperti mendorong pendirian toko produk halal Indonesia di Massjid dengan suplai produk impor dari Indonesia yang disediakan Hanapia," kata Hwang di Gudang Hanapia wilayah Hallim-myeon, Gimhae City, Korea Selatan (28/11/2019)

Dia mengungkapkan, Hanapia juga aktif dalam memberikan dukungan dalam bentuk sponsorship untuk Komunitas Muslim Indonesia yang memiliki agenda rutin berupa silaturahmi akbar muslim Indonesia sekaligus Kaijani di Korea yang kerap diisi oleh ustad ternama Indonesia yang khusus didatangkan ke Korea Selatan.

Dia menjelaskan agenda tersebut dilaksanakan sebanyak 6 kali dalam satu tahun.


Jenis produk Hanapia beranekaragam dengan target pasar utama adalah Pekerja Migran Indonesia. Hanapia bekerjasama dengan banyak perusahaan Indonesia dalam mensuplai kebutuhan makanan serta minuman WNI di Korea Selatan. Produk-produk unggulannya dikategorikan menjadi beberapa jenis seperti bahan makanan setengah jadi, Snack, Minuman, Mie, serta bahan bumbu.

Hwang menjelaskan dalam proses impor dari Indonesia, ia masih menemukan kesulitan. Misalnya untuk produk kerupuk yang memiliki komposisi ikan kadang masih terkendala izin.

Kemudian untuk pengurusan izin halal di Majelis Ulama Indonesia (MUI) cukup lama yakni sekitar 6 bulan.

"Hambatan saat impor itu sertifikasi halal, ISO dan Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP)," jelas dia.



Importir Korea Blak-blakan Jurus Jualan Aneka Produk RI


Simak Video "Berita Dunia: Militer Korsel Berperang Hadapi Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com