Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 28 Nov 2019 22:30 WIB

Ingin RI Tahan Gejolak Ekonomi Dunia, Jokowi Cerita Film Cast Away

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Andhika/detikcom Foto: Andhika/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyinggung film untuk menggambarkan kondisi perekonomian dunia. Hal serupa pernah juga disampaikannya pada saat Annual Meeting World Bank-IMF di Bali Oktober 2018.

Pada saat itu, Jokowi menyebut winter is coming yang merupakan episode terakhir film Game Of Thrones. Kini, ketidakpastian ekonomi global yang berdampak pada ekonomi negara berkembang seperti Indonesia, digambarkan Jokowi seperti film Cast Away, yang dibintangi aktor Tom Hanks.

"Sebetulnya cerita dalam film ini ada pesawat kargo dan jatuh ke pulau dan hanya ada satu orang bertahan hidup dan akhirnya selamat," kata Jokowi saat acara pertemuan tahunan Bank Indonesia 2019 di Artpreneur Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Jokowi mengibaratkan kegigihan Tom Hanks bisa bertahan dan hidup di tengah pulau ibarat Indonesia yang dilanda ketidakpastian global. Jika Indonesia bisa memanfaatkan kondisi gejolak ekonomi global, maka ekonominya bisa bertahan.


Menurut Jokowi ada tiga pelajaran yang bisa diimplementasikan Indonesia dalam menjaga perekonomiannya saat ini. Pertama, mampu bertahan di tengah kesulitan. Kedua, mencari sumber daya baru untuk tetap bertahan. Ketiga, optimis dalam menghadapi berbagai tekanan.

"Tiga hal ini penting untuk kita ingat," papar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Lebih lanjut Jokowi mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi yang masih di atas 5 persen pun patut disyukuri. Apalagi, posisi pertumbuhan ekonomi nasional berada di urutan ketiga dibandingkan negara G20. Indonesia hanya kalah dari China dan India.

"Kita di atas Amerika Serikat untuk pertumbuhan ekonomi. Kalau kita nggak bersyukur sekali lagi kufur nikmat, sekali lagi kita juga harus bicara apa adanya tekanan eksternal tidak gampang, tidak mudah," tutur Jokowi.



Simak Video "Jokowi Pastikan Pembebasan Lahan Kereta Cepat Sudah 99%"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com