Mendiang Ciputra di Mata Mantan Kepala BIN: Hidupnya Sederhana

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 29 Nov 2019 12:01 WIB
Foto: Antara Foto
Jakarta - Mantan Kepala BIN, Jenderal (Purn) TNI, AM Hendropriyono melayat ke tempat persemayaman taipan Ciputra. Dia mengaku telah bersahabat lama dengan Ciputra semenjak pembangunan Taman Impian Jaya Ancol.

Dalam kenangannya, Ciputra merupakan pria dengan pikiran yang tak terbatas. Ciputra menurutnya paham apa yang dibutuhkan masyarakat.

"Saya sangat berduka cita karena saya pengagum beliau dan sahabat lama, semenjak Ancol. Almarhhum itu punya pikiran tidak terbatas selalu ingin maju, yang tidak ada dibuat ada. Dan beliau juga selalu mengerti apa yang jadi kebutuhan hidup manusia," ucap Hendropriyono di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (29/11/2019).


Hendropriyono menyatakan Ciputra memiliki kemampuan kepemimpinan yang luar biasa. Ciputra juga menurutnya orang yang filosofis dan sederhana.

"Kepemimpinannya luar biasa, filsafatnya tinggi, hidupnya sangat sederhana. Mulai dari cara berpakaian, bicara, ungkapkan pikirannya semuanya sangat mengagumkan," ucap Hendropriyono.

Banyak kenangan yang diungkapkan Hendropriyono, mulai dari sering main golf bareng hingga saat dia menjenguk Ciputra di rumah sakit.

"Kemudian juga suka golf sama dia dulu. Senang sama beliau dulu banyak kenangan dengan beliau. Beberapa kali saya jenguk beliau ketika di Jakarta maupun Singapura, dan akhirnya saya ketemu beliau dalam keadaan sehat," kenang Hendropriyono sambil berkaca-kaca.


"Selamat jalan kawanku, Ciputra. Semoga dapat tempat yang baik di sisi-Nya," tutupnya.

Simak Video "Syukuran 75 Tahun A.M. Hendropriyono di Panti Asuhan"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)