Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 29 Nov 2019 16:16 WIB

Robot Gantikan Eselon III dan IV, Jubir: Mimpi Pak Jokowi

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Edi Wahyono
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki rencana mengganti pegawai negeri sipil (PNS) dengan artificial intelligance (AI) atau kecerdasan buatan. Hal ini sejalan dengan program pemangkasan jabatan eselon di kementerian/lembaga (k/l).

Juru bicara (Jubir) Presiden Fadjroel Rachman mengatakan penggunaan AI tidak hanya di sistem birokrasi atau PNS saja, tetapi juga dalam penyusunan regulasi di Indonesia.

"Mimpinya Pak Jokowi kan digital revolution dan artificial intelligence masuk ke semua kegiatan dalam pemerintahan maupun kegiatan masyarakat kemudian kita bisa mengejar kemajuan di apa yang kita sebut Indonesia Maju.


Fadjroel menyebut, pemanfaatan AI dalam wacana pemangkasan eselon III dan IV murni ide Presiden Jokowi yang nantinya akan dimasukan dalam peta jalan atau roadmap yang sedang disusun oleh Kementerian PAN-RB.

Bahkan, dikatakan Fadjroel, penggunaan kecerdasan buatan juga nantinya akan diterapkan di ibu kota negara baru.

"Itu usulan dari Pak Jokowi, bagaimana kalau kita pakai, dan beliau tidak hanya tertarik untuk memakai artificial intelligence untuk birokrasi tetapi juga untuk regulasi, bahkan untuk ibu kota baru beliau mengharapkan yang serupa," ujarnya.



Robot Gantikan Eselon III dan IV, Jubir: Mimpi Pak Jokowi


Simak Video "Jokowi Akan Ganti Eselon III dan IV dengan Robot"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com