Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 29 Nov 2019 16:24 WIB

Ancol di Tangan Ciputra, dari Tempat Jin Buang Anak Jadi Taman Rekreasi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Kurnia Yustiana
Jakarta - Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan mengenang kontribusi mendiang Ciputra dalam memajukan perusahaan daerah milik Pemprov DKI Jakarta, PD Pembangunan Jaya. Salah satu yang disorotinya adalah pengembangan kawasan Ancol.

Awalnya, Dahlan bicara mengenai kemajuan yang terjadi pada PD Pembangunan Jaya saat dipimpin Ciputra. Dia menyatakan Ciputra merupakan pimpinan hebat, bahkan dalam waktu yang panjang.

"PD Pembangunan Jaya berada di tangan orang hebat dalam kurun waktu yang panjang. Sekali lagi, kemajuan yang nyata hanya bisa diraih oleh pemimpin yang hebat, dalam kurun waktu yang panjang," tulis Dahlan dalam blog pribadinya, disway.id, dikutip Jumat (29/11/2019).


Pimpinan hebat menurut Dahlan, melahirkan banyak doktrin. Ciputra pun begitu, menurut Dahlan pengusaha adalah orang yang berhasil mengubah rongsokan jadi emas.

"Pemimpin yang hebat biasanya juga melahirkan banyak doktrin. Doktrin tertingginya adalah entrepreneurship: Pengusaha adalah siapa pun yang bisa mengubah rongsokan menjadi emas," ujar Dahlan.

Salah satu rongsokan yang berhasil diubah jadi emas oleh Ciputra adalah kawasan Ancol. Menurutnya, Ciputra mengubah Pantai Ancol yang memiliki citra buruk berupa pantai comberan sampai tempat jin buang anak, menjadi Taman Impian Jaya Ancol, taman rekreasi impian.

"Taman Impian Jaya Ancol adalah salah satu rongsokan itu. Ancol telah menjadi legenda Ciputra: dari pantai comberan, sarang nyamuk, gelandangan, jin buang anak. (Diubah) Menjadi taman rekreasi impian," pungkas Dahlan.



Simak Video "Sambil Berkaca-Kaca, AM Hendopriyono Kenang Ciputra"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com