Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 29 Nov 2019 19:00 WIB

Ada 112 PNS Kemenkeu yang Kena Pemangkasan Eselon

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memangkas eselon III dan IV di Badan Kebijakan Fiskal (BKF). Ada 112 dari 179 PNS BKF yang kena perampingan dari jabatan struktural ke fungsional.

"Ada 112 pejabat tersebut yang sekarang dari tadinya eselon III dan IV menjadi analis kebijakan," kata Sri Mulyani di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (29/11/2019).

Perubahan tersebut, dia tekanan tidak sekedar melaksanakan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi), akan tetapi harus memahami dan melaksanakan esensi dari perampingan eselon tersebut.

"Selain itu, perubahan dari mindset yang tadinya adalah pejabat struktural menjadi fungsional, juga masih harus terus dibangun," sebutnya.


Sebagai analis, menurutnya 112 pejabat fungsional harus mampu untuk mengembangkan critical thinking, melakukan inovasi dan menjalankan fungsi berdasarkan pemikiran dan isu-isu penting yang harus diteliti.

"Anda sebagai analis di Kemenkeu, dan saya harap seluruh pejabat struktural yang berubah jadi analis ini bisa menikmatinya. Ini bukan hukuman tapi hadiah. Anda melakukan analisa kebijakan dalam rangka perbaikan kebijakan di lingkungan Kemenkeu," jelasnya.

Melalui pemangkasan eselon, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu yakin bisa menciptakan birokrasi yang lebih bagus.


"Ini hikmah untuk dimanfaatkan, menghilangkan layer itu sesuai dengan harapan Presiden untuk ciptakan birokrasi profesional, agile, responsive, connect dengan stakeholder dengan yang kita lakukan ini," tambahnya.

Ada 112 PNS Kemenkeu yang Kena Pemangkasan Eselon


Simak Video "Jokowi Akan Ganti Eselon III dan IV dengan Robot"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com