MenPAN-RB Kenang Karya Ciputra di Vietnam dan Kamboja

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 29 Nov 2019 22:30 WIB
Foto: Usman Hadi/detikcom
Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo melayat taipan mendiang properti Ciputra. Tjahjo mengenang segala macam karya yang dihasilkan Ciputra.

Menurutnya, Ciputra bukan cuma membangun di dalam negeri saja. Namun sudah membawa hasil kerjanya ke ranah internasional, setidaknya di lingkup Asia Tenggara.

"Beliau tidak hanya bangun suasana di negara kita. Saya juga pernah lihat di Kamboja, Vietnam dia juga bangun sarana prasarana," ucap Tjahjo usai melayat di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Jumat (29/11/2019).

Tjahjo juga mengenang bahwa Ciputra adalah pengusaha di segala bidang. Bukan cuma properti, dia juga melebarkan sayap ke olahraga hingga kesenian.


"Beliau memorinya sangat kuat sekali dia salah satu pengusaha yang berkecimpung di berbagai bidang, olahraga, sosial dan masyarakat, seni juga," kata Tjahjo.

Dia mengenang pertemuannya pertama kali dengan Ciputra sekitar tahun 1988-1989, kala itu dia masih menjadi Sekretaris Jenderal Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Beberapa tahun terakhir dirinya mengaku sering bertemu dan bicara dengan Ciputra.

"Saya kenal beliau waktu jadi Sekjen di KNPI tahun 88-89, sering ngobrol. Tahun-tahun terakhir ini juga sering ketemu di acara pernikahan ya, kalau ketemu pasti ngobrol," kenang Tjahjo.

"Kita harap beliau diterima di sisi tuhan yang maha esa dan keluarga bisa meneruskan perjuangan beliau," tutupnya.



Simak Video "MenPAN-RB: Pecat ASN Pemakai-Pengedar Narkoba "
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)