Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 29 Nov 2019 20:43 WIB

Investasi Emas Tak Harus Mahal, Pegadaian Punya Deretan Fitur Ini

Yakob Arfin - detikFinance
Foto: Yakob Arfin/detikcom Foto: Yakob Arfin/detikcom
Jakarta - Melihat tingginya antusias masyarakat terhadap emas sebagai instrumen investasi, Pegadaian hadir untuk membantu masyarakat dalam perencanaan masa depan yang lebih baik.

Kepala Departemen Operasi Divisi Produk Emas Pegadaian Heri Prasongko mengatakan Pegadaian bertransformasi bukan hanya jadi tempat gadai saja, tetapi juga investasi emas.

Ia menjelaskan untuk pembiayaan emas di pegadaian ada 3 inti layanan yaitu mulia personal, mulia kolektif, dan mulia arisan.

"Mulia personal adalah layanan investasi emas batangan secara angsuran atau perorangan yang dapat dilakukan di outlet-outlet Pegadaian. Syaratnya pun cukup mudah dengan membawa identitas diri (KTP/paspor), kemudian membayar uang muka minimal 15% dari harga emas," jelas Heri di Jakarta, Jumat (29/11/2019).


Dalam fitur ini, masyarakat mulai bisa mengangsur sesuai kemampuan mulai dari jangka waktu tiga bulan sampai 36 bulan.

"Mulia personal ini bisa dilayani di outlet kami yang totalnya ada 4.245 outlet," kata Heri.

Ia juga mengatakan selain dilayani di outlet, pembelian mulia personal ini juga bisa dilakukan di aplikasi kami Pegadaian digital service, untuk pembayaran angsurannya juga bisa dilakukan melalui ATM, internet banking dan mobile banking.

Selain mulia personal, ada pula mulia kolektif di mana pembelian produk mulia dilakukan secara berkelompok minimal enam orang.

"Jadi kalau ada beberapa orang secara kolektif mau membeli produk mulia angsuran, kita buka menggunakan sistem produk mulia kolektif. Jadi minimal enam orang secara kolektif bisa membeli produk kami. Pembiayaannya pun dapat ditandatangani oleh perwakilan satu orang saja kemudian pembayaran uang mukanya minimal 10%," jelasnya.

Pilihan emasnya pun bisa dimulai dari denominasi 0,5 gram sampai 1 kg. Pilihan jangka waktu pembiayaannya bisa sampai 36 bulan. Untuk proses pembukaannya juga dapat dilakukan di seluruh outlet pegadaian di seluruh Indonesia dan diangsur melalui aplikasi Pegadaian digitals service, ATM, bisa mobile banking dan internet banking.

Dan fitur yang terakhir adalah mulia arisan. Fitur ini dinilai cocok bagi komunitas atau ibu-ibu yang ingin memiliki emas dengan sistem undi.


"Jadi kalau ada ibu-ibu yang suka arisan dan biasanya dalam bentuk uang, nah ini kita memfasilitasi arisan dalam bentuk emas. Jadi ketika nanti diundi, nanti akan mendapatkan emas. Jadi setiap kali undian akan mendapatkan emas sesuai jumlah anggota arisan yang ada," paparnya.

Ia pun menambahkan bila jumlah anggota berjumlah enam orang, durasi arisannya pun selama enam bulan.

"Untuk uang mukanya mulai dari 10% sampai dengan 15%. Kemudian untuk denominasi emasnya mulai dari 0,5 gram sampai 1 kg. Pilihan jangka waktunya pun bisa dipilih sampai dengan 36 bulan," ungkapnya.

Simak Video "Kompak Lakukan Pencurian Emas, Sekeluarga Asal Semarang Dibekuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(ujm/ujm)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com