Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 30 Nov 2019 16:03 WIB

Pimpinan MPR Kenang Ciputra: Idola Mahasiswa ITB Tahun 1970-an

ani - detikFinance
Foto: M Zhacky-detikcom Foto: M Zhacky-detikcom
Jakarta - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Fadel Muhammad hari ini melayat ke persemayaman terakhir mendiang taipan properti, Ciputra. Fadel mengaku sudah kenal dengan Ciputra sejak tahun 1970-an di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dalam ingatannya, Fadel menyebut Ciputra merupakan seorang idola bagi mahasiswa ITB pada tahun 70-an.

"Saya mengenal beliau ketika saya di ITB menjadi mahasiswa ITB. (Ciputra) idola daripada kita mahasiswa-mahasiswa pada tahun 70-an akhir itu adalah beliau," kenang Fadel usai melayat di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Sabtu (30/11/2019).

Setelah lulus dari ITB pun hubungan antara Fadel dan Ciputra tidak pernah putus. Fadel menyebut, antara dirinya dan Ciputra pernah mengembangkan bisnis perbankan, namun sayangnya tidak beruntung.

"Setelah selesai dari sana (ITB) pun kami masih berhubungan. Pernah kita sama-sama mengembangkan usaha perbankan dan dua-duanya tidak beruntung. Disaat ekonomi rusak, bank Ciputra tutup dan saya bank Intan juga tutup," ceritanya.


Menurut Fadel, sepeninggalnya Ciputra membuatnya merasa kehilangan seorang putra terbaik. Dia bilang, Ciputra merupakan sosok yang menjadi panutan untuknya menjadi seorang pengusaha.

"Kami benar-benar merasa kehilangan seorang putra bangsa terbaik. Apalagi saya merasa sangat kehilangan karena beliau adalah putra Sulawesi yang terbaik. Saya pun mengikuti beliau menjadi pengusaha itu dari inspirasi Ciputra. Beliau tidak henti-hentinya memberi dukungan orang untuk menjadi entrepreneur. Itu yang selalu melekat di dalam pikiran saya," kata Fadel.

Fadel berdoa, agar almarhum Ciputra mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

"Saya dan seluruh rakyat Gorontalo berdoa semoga arwah almarhum Ciputra mendapatkan tempat yang mulia di sisi Tuhan Yang Maha Esa," doanya.



Simak Video "Sambil Berkaca-Kaca, AM Hendopriyono Kenang Ciputra"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com