Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 02 Des 2019 14:40 WIB

Atasi Macet di Puncak, BPTJ Mau Bikin Angkutan Massal

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Jalur Puncak macet saat uji coba sistem 2-1 (Sachril/detikcom) Foto: Jalur Puncak macet saat uji coba sistem 2-1 (Sachril/detikcom)
Jakarta - Setiap akhir pekan, kemacetan di kawasan Puncak, Bogor, tidak bisa dihindari. Warga yang melintasi kawasan itu harus rela terjebak macet berjam-jam lamanya dengan panjang kemacetan belasan hingga puluhan kilometer.

Untuk mengatasi itu, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berencana akan membangun angkutan massal di kawasan Puncak, Bogor. Selama ini pihaknya menilai belum pernah ada angkutan massal di kawasan tersebut.

"Kita akan segera membangun angkutan massal di kawasan Puncak. Kawasan Puncak itu kawasan wisata. Kita harapkan nanti Puncak menjadi kawasan wisata nasional," kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono dalam acara jumpa pers akhir tahun di Redtop Hotel, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Bambang mengatakan, masih melakukan kajian terkait transportasi apa yang paling tepat untuk mengatasi kemacetan di Puncak. Sampai saat ini kemungkinan angkutan massal tersebut berupa kereta gantung (cable cars) atau LRT.


"Konsepnya bisa cable cars, bisa LRT," ungkapnya.

Bambang menilai kawasan Puncak yang merupakan kawasan wisata akan menjadi daya tarik tersendiri bagi perusahaan swasta untuk berinvestasi. Untuk itu, pendanaan proyek ini akan menggandeng swasta menggunakan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha.

"Pasti banyak perusahaan swasta yang tertarik karena ini kan daerah wisata," kata Bambang.

Saat ditanyakan kapan mulai pembangunan transportasi massal di Puncak itu, ia belum memastikan kapan waktunya.



Simak Video "Jalur Puncak Lengang Jelang Tahun Baru, 2 Hal Ini Jadi Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com