Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 02 Des 2019 10:37 WIB

Potensi Ekonomi Tinggi, Surabaya Mulai Disasar Fintech Ini

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Tim Infografis Zaki Alfarabi
Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat akumulasi realisasi pinjaman yang telah disalurkan oleh fintech lending per Juni 2019 sebesar Rp 44,8 triliun. Nilai ini tumbuh hampir 100%, tepatnya 97,68% year to date (ytd) dari posisi akhir Desember 2018 sebesar Rp 22,66 triliun.

Industri fintech terus mengalami perkembangan hingga saat ini. Salah satunya ialah Pohon Dana. Pohon Dana sebagai salah satu perusahaan FinTech berkembang di Indonesia melakukan ekspansi ke Surabaya pada akhir tahun 2019. Pohon Dana sendiri didukung oleh Mayapada Group.

Surabaya dipilih karena kota terbesar kedua terbesar di Indonesia. Tak hanya itu, menurut data yang yang dikeluarkan oleh Biro Pusat Statistik, perekonomian Jawa Timur Triwulan II-2019 tumbuh 3,54%. Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi terjadi pada Lapangan Usaha Pertanian, Kehutanan dan Perikanan sebesar 8,12%, diikuti Informasi dan Komunikasi sebesar 5,81%.

Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi Komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah sebesar 35,87%, diikuti Pembentukan Modal Tetap Bruto sebesar 5,06%.

Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa pun menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah Jawa Timur membuka lebar karpet hijau yang berarti inward looking, yaitu memberikan ruang untuk koperasi, UKM dan IKM kita agar terus berkembang.

Selaras dengan instruksi tersebut, Pohon Dana juga fokus pada pemberian pinjaman bagi para pelaku UMKM. Khoe Yu Ek, President Director Pohon Dana, mengatakan bahwa pertumbuhan Pohon Dana selaras dengan program pemerintah untuk meningkatkan inklusi keuangan.

"Dalam menunjang program pemerintah tersebut, selain supporting ke petani (agriculture), Pohon Dana juga memberikan support kepada UMKM (Toko-toko dan warung-warung), dimana kami telah menjalin kerjasama dengan FMCG terbesar di Indonesia, seperti Unilever, Mayora, Swallow," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (2/12/2019).

Pohon DanaPohon Dana Foto: Dok. Pohon Dana


Tahun 2019 ini, pertumbuhan Pohon Dana meningkat pesat, naik 5 kali lipat dibandingkan dari Desember 2018.

Dari total pinjaman yang telah disalurkan, rata-rata pinjaman yang diberikan adalah Rp 20 juta per orang. Penghitungan suku bunga, baik untuk pendana maupun peminjam juga disimplifikasi sehingga tak menimbulkan kebingungan dan memaksimalkan pendanaan lender.

"Seperti motto kita, financial blessing for all especially those needed the most, perluasan akses financial kepada pengusaha-pengusaha kecil (UMKM) khususnya warung-warung dan toko-toko, sehingga mereka mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan modal kerjanya," tambah Victoria Tahir, Presiden Komisaris Pohon Dana.

Pohon Dana yang mulai beroperasi pada Agustus 2018 telah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp 500 miliar dengan NPL dibawah 1%. dan dengan tingkat pertumbuhan yang pesat menghasilkan laba sebesar 10 Miliar diakhir tahun 2019 ini.

Simak Video "Jokowi Minta Seluruh Kementerian Segera Belanjakan Anggaran!"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com